Kompas.com - 11/12/2020, 19:39 WIB
Komedian senior Miing Bagito berbincang dengan komika Pandji Pragiwaksono. YouTube Miing Bagito ChannelKomedian senior Miing Bagito berbincang dengan komika Pandji Pragiwaksono.

JAKARTA, KOMPAS.comKomika Pandji Pragiwaksono dikenal sebagai pencetus dan salah satu pelopor Stand-Up Comedy Tanah Air.

Bersama Miing Bagito, pria 41 tahun ini mengungkap kunci menjadi seorang pelawak.

“Untuk jadi pelawak, harus ada faktor persetujuan pihak lain, misalnya lomba. Makanya banyakin ikut lomba. Kalaupun misalnya meledak, jadi,” ungkap Pandji dikutip Kompas.com lewat kanal YouTube Miing Bagito Channel, Jumat (11/12/2020). 

Baca juga: Enggan Disebut Pelopor Stand-up Comedy Indonesia, Pandji Pragiwaksono: Gue Cuma Nimbrung

Berbeda dengan pelawak, pemeran film Di Balik 98 ini juga menyebut kunci sukses sebagai komika. Baginya, komunitas juga turut membantu membesarkan para komika.

“Bedanya, Stand-up comedy itu tidak cukup hanya itu. Yang paling penting komunitas. Lahirnya dalam bentuk komunitas dulu. Misalnya komunitas stand up Bogor, mereka bikin akun Twitter-nya dan umumkan kapan latihan, show, dan lain-lain,” tutur Pandji.

“Itu yang bikin Stand up comedian jadi banyak. Karena dimudahkan,” ucap Pandji.  

Baca juga: Lulusan Seni Rupa tapi Bisa Melawak, Pandji Pragiwaksono Buka Suara soal Peran Kampusnya

Pemeran dalam film Comic 8: Casino Kings Part 1 ini juga berterima kasih kepada Miing. Berkat Bagito, ia berani membawakan kritik sosial-politik ke dalam materi lawaknya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X