Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album BE BTS Puncaki Billboard 200 Hampir Balap The Beatles

Kompas.com - 30/11/2020, 13:10 WIB
Firda Janati,
Andika Aditia

Tim Redaksi

Sumber Billboard

KOMPAS.com - Boy group asal Korea Selatan, BTS, kembali mencetak prestasi di Billboard 200 lewat album BE.

Prestasi di Billboard 200 tersebut merupakan kelima kalinya BTS menguasai tangga album bergengsi di Amerika Serikat itu.

Pencapaian itu juga menjadi kedua kalinya bagi grup besutan Big Hit Entertainment menguasai tangga Billboard 200 dalam waktu satu tahun, sebelumnya Map of the Soul: 7.

Billboard melaporkan pada 26 November 2020, BE mencetak penjualan 242 ribu unit setara album (Equivalent Album Unit/EAU) hanya dalam waktu seminggu setelah perilisan. 

Baca juga: Cover Lagu BTS Life Goes On, Alicia Keys Buat Heboh Penggemar

Perhitungan itu dihitung dari penjualan album setara lagu (Track equivalent albums/TEA) dan album setara streaming (streaming equivalent albums/SEA).

Billboard mencatat sebanyak 242 ribu album setara unit (EAU) yang dihasilkan album BE itu di antaranya 177 ribu album fisik terjual, 35 ribu TEA, dan 30 ribu atau 48,56 juta streaming (SEA).

Sementara itu, album BE sebagian dirilis berbahasa Korea dan lagu utama bertajuk "Dynamite" berbahasa Inggris.

Jika ditotalkan, BTS meraih lima album yang berada di puncak Billboard 200 sebelum BE, yakni Map of the Soul:7 pada 2020, Map of the Soul: Persona pada 2019, Love Yourself: Answer pada 2018 dan Love Yourself: Tear pada 2018.

Baca juga: Ketika BTS Diajak Bicara tentang Cinta, Saat Ini Tidur Lebih Penting

Billboard juga mengonfirmasi BTS mencapai lima album yang berada di puncak No. 1 di Billboard 200 dalam waktu dua tahun enam bulan.

Grup terakhir yang mampu membawa lima album berada di puncak No. 1 Billboard 200 adalah The Beatles dalam waktu dua tahun lima bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com