Kompas.com - 30/11/2020, 10:31 WIB
Artis peran Oki Setiana Dewi saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis peran Oki Setiana Dewi saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan pengalaman sebelumnya ketika melahirkan tiga anaknya, Oki Setiana Dewi merasakan sejumlah hal serba pertama saat melahirkan anak keempatnya.

Anak yang diberi nama Sulaiman Ali Abdullah itu terasa berbeda sejak proses melahirkan hingga setelah dilahirkan.

"Ini sesuatu yang enggak saya duga-duga, karena kejadian ini semua yang pertama," kata Oki Setiana Dewi dikutip dari tayangan KH Infotainment, Senin (30/11/2020).

Proses melahirkan paling menyenangkan

Oki Setiana Dewi menyebut proses melahirkan Sulaiman adalah proses caesar yang paling menyenangkan dibanding proses melahirkan sebelum-sebelumnya.

"Ini lahiran caesar yang paling menyenangkan, tidak sakit, saya sehat walafiat, saya tenang menjalankan proses caesar, cepat prosesnya, sangat membahagiakan tidak ada traumatis apa-apa, tidak seperti persalinan sebelum-sebelumnya yang ada kendala. Itu persalinan caesar paling enak banget," kata Oki.

Baca juga: Kesedihan Oki Setiana Dewi karena Anak yang Baru Dilahirkan Alami TTN

Bayi tidak menangis

Meskipun mengalami proses melahirkan yang paling mudah, tapi ini juga menjadi pengalaman pertama Oki Setiana Dewi.

Pasalnya, tidak mendengar suara tangis bayinya sesaat setelah dilahirkan.

"Biasanya anak 1,2,3 kemarin nangis kenceng, ini saya enggak denger. Saya enggak tahu, ini anak saya kok enggak ada suara nangisnya, walaupun kata dokter ada, tapi kecil," ucap Oki.

Tidak bisa langsung IMD

Berbeda dari pengalaman sebelumnya, Oki Setiana Dewi juga tidak bisa langsung melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena kondisi Sulaiman.

"Biasanya setiap melahirkan anak bayi dibersihkan dokter, suster, dibawa ke ibunya untuk disusui, dan saya tidak bisa menyusui anak saya," ujar kakak YouTuber Ria Ricis itu.

Baca juga: Bersyukur Anak Keempatnya Sembuh TTN, Oki Setiana Dewi Dihadapkan Hal Mendebarkan Lain

Menangis usai melahirkan

Untuk pertama kalinya juga, setelah melahirkan Oki Setiana Dewi justru merasa sedih dan menangis.

Pasalnya, ia mendapat kabar anaknya harus dirawat di neonatal intensive care unit (NICU).

"Pertama kalinya juga saya dapat kabar ketika masih di ruang operasi, 'ibu anaknya harus di NICU ya'. Pertama kalinya setelah operasi caesar saya menangis," ucap Oki Setiana Dewi.

"Biasanya setelah caesar bahagia karena kedatangan bayi, tapi saya menangis memikirkan kondisi anak," kata Oki Setiana Dewi lagi.

Baca juga: Lahirkan Anak ke-4, Oki Setiana Dewi Menangis Bayinya Alami TTN


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X