Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Cerita Film dan Serial Original Menarik Netflix...

Kompas.com - 24/11/2020, 18:28 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform streaming hiburan Netflix menggelar lokakarya virtual penulisan naskah atau skenario film.

Acara ini bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang digelar pada Jumat, 20 November 2020.

Pada kesempatan kali ini, Netflix menghadirkan Christopher Mack selaku Director, Creative Talent Investment & Development Netflix.

Ada 400 kreator lokal yang mengikuti workshop ini untuk berbagi praktik-praktik terbaik dalam storytelling agar penulis skenario dapat membuat dan mendokumentasikan ide film mereka yang lebih efektif.

Baca juga: Netflix Gelar Workshop Virtual Penulisan Cerita Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif

“Seiring pertumbuhan Netflix, kami perlu membuat lebih banyak konten untuk menghibur jutaan anggota kami di seluruh dunia dan kami sudah memperkirakan akan membutuhkan banyak penulis naskah," kata Christopher dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

"Tugas saya adalah memastikan dapat memenuhi kebutuhan tersebut untuk mendukung strategi pertumbuhan konten kami, termasuk berinvestasi dalam program lokal yang mengajarkan keterampilan yang diperlukan untuk pembuatan dan produksi konten,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Christopher juga menegaskan betapa pentingnya membuat sebuah panduan cerita sepanjang 15 hingga 30 halaman sebelum memulai menulis naskah.

Selebihnya ada enam bagian yang harus diperhatikan, yakni pertanyaan untuk membangun cerita, ikhtisar, latar belakang cerita, suasana, deskripsi karakter, dan garis besar cerita.

Baca juga: Catat Tanggalnya, 3 Film Korea Seru Segera Tayang di Netflix

“Hindari keinginan untuk langsung menulis naskah, lalu mulai memikirkan jalan ceritanya belakangan karena hanya akan membuat kita frustasi," katanya.

"Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang cerita Anda terlebih dahulu dan masukkan dalam panduan sebelum menulis naskah sehingga Anda dapat menikmati pengalaman menulis yang lebih baik," lanjut Christopher.

Tak hanya itu, ada tiga pilar penting dalam membangun struktur cerita, yaitu plot, karakter, dan pemikiran.

“Banyak yang percaya bahwa plot lebih penting daripada karakter. Tapi di Netflix, karakter sebenarnya lebih penting karena penonton akan membangun hubungan dengan karakter, tidak harus dengan ceritanya," ujarnya.

Baca juga: Netflix Umumkan Pemeran Baru Stranger Things Season 4

"Sedangkan pemikiran adalah tema, yaitu ide pokok yang ingin Anda sampaikan kepada penonton. Jika cerita adalah perjalanan Anda untuk mencapai akhir, temanya adalah peta Anda," ucapnya lagi.

Sutradara dan penulis skenario Gina S Noer menyebut bahwa workshop tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk penulis pemula ataupun yang berpengalaman.

Gina juga menyampaikan kekagumannya pada karakter dalam film The Queen’s Gambit yang tayang di Netflix.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com