Kompas.com - 24/11/2020, 12:15 WIB
Ilustrasi film 405: The Movie ditampilkan di layar laptop lawas. AVClub.comIlustrasi film 405: The Movie ditampilkan di layar laptop lawas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan streaming Netflix menggelar workshop virtual penulisan skenario film dengan Director, Creative Talent Invesment & Development Netflix Christopher Mack sebagai pembicara.

Lebih dari 400 kreator lokal berpartisipasi di sesi workshop yang digelar tanpa biaya dan belajar bagaimana membuat dan mendokumentasikan ide-ide film.

Menurut keterangan resmi yang diterima Kompas.com, workshop tersebut merupakan bagian dari komitmen Netflix untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif lokal.

Direktur Jendral Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan, tumbuhnya layanan streaming membuka banyak peluang bagi kreatif lokal untuk memperluas pengetahuan dan pengembangan.  

Baca juga: Komunitas Indonesian Voice Talent Gelar Kelas Workshop Cari Generasi Pengisi Suara

"Melalui workshop ini, sineas lokal dapat belajar lebih dalam tentang penulisan skenario dari para profesional yang memiliki pengalaman panjang di industri film maupun televisi," kata Hilman.

Sementara itu, Christopher berpesan kepada para kreator lokal yang mengikuti workshop tersebut agar selektif menerima materi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berujar, semakin otentik cerita semakin relevan cerita tersebut bagi orang lain.

"Ada banyak sekali cara membuat cerita menarik, salah satunya adalah mempelajari kesuksesan para penulis lain. Anggap itu sebagai masukan yang berguna bagi tulisan kita, tapi pilih lagi mana yang benar-benar sesuai untuk diaplikasikan," ujar Christopher. 

Baca juga: Kata Para Pegiat Film soal Workshop Pascaproduksi Film oleh Netflix

Ketua Asosiasi Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR), Salman Aristo memuji workshop tersebut karena memberikan wawasan baru bagi para kreator lokal. 

"Inilah yang kami butuhkan sebagai kreator dan saya pikir Netflix telah menetapkan standar yang tinggi bagi layanan streaming lainnya," kata Salman.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X