Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jin BTS Ungkap Makna di Balik Lagu Life Goes On dalam Album BE

Kompas.com - 20/11/2020, 17:32 WIB
Rintan Puspita Sari,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber yonhapnews

KOMPAS.com - Merilis album baru bertajuk BE, boyband BTS ingin mengingatkan pendengar mereka akan kondisi masa pandemi Covid-19 pada 2020, tetapi hidup tetap harus berjalan.

Album dengan delapan lagu yang sebagian di antaranya ditulis oleh para member BTS itu membahas apa artinya hidup pada saat bepergian tidak lagi memungkinkan dan bertemu penggemar secara langsung adalah mimpi yang jauh.

Seperti dikatakan anggota tertua dari BTS, Jin, dia melihat album tersebut sebagai gambaran yang mereka rasakan pada tahun ini.

Baca juga: BTS Hadirkan Kenyamanan dan Harapan Lewat Life Goes On

Contohnya ketika konser yang harus dibatalkan karena adanya pandemi dan mereka tidak lagi bisa bertemu penggemar secara langsung.

"Kami menghadapi situasi di mana semuanya berhenti. Saya merasa tahun berlalu dihabiskan dalam kebingungan dan kehampaan," kata Jin dalam konferensi pers di Dongdaemun Design Plaza di pusat kota Seoul, dikutip dari Yonhap News Agency, Jumat (20/11/2020).

"Kami mencoba dengan jujur memasukkan sentimen itu ke dalam album," lanjutnya.

Baca juga: Perbedaan Harga Sweater dan Jam Tangan Jin BTS Bikin Fans Bingung

Menurut dia, lagu "Life Goes On" bisa mengingatkan satu sama lain agar dalam kondisi seperti sekarang orang bisa lebih menaruh empati dan saling menghibur.

"Kami merasa akan sangat baik bagi pendengar untuk berempati dan menghibur satu sama lain dan orang-orang di sekitar mereka," ucap Jin.

Lagu "Life Goes On" diproduksi oleh Pdogg, serta RM, Suga, dan J-Hope yang juga berpartisipasi dalam lagu tersebut bersama dengan Ruuth, Chris James, dan Antonina Armato.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Life Goes On dari BTS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com