Kompas.com - 16/11/2020, 08:06 WIB
Suasana kemeriahan konser drive-in pertama yang diselenggarakan di Jakarta, Danamon New Live Experience. ISTSuasana kemeriahan konser drive-in pertama yang diselenggarakan di Jakarta, Danamon New Live Experience.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi anak konser, tahun 2020 merupakan tahun yang tidak akan bisa dilupakan.

Begitu banyak rencana indah yang akhirnya harus direlakan. Sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, sudah tak terhitung berapa banyak konser musik, festival yang dibatalkan.

Walaupun disebut-sebut bisa mendatangkan turis lewat gelaran konser, industri yang satu ini sampai sekarang masih terseok dan belum ada titik terang kapan mereka bisa kembali beraktivitas.

Berbagai cara dilakukan, dari menggelar konser drive in, streaming, hingga dibentuknya asosiasi yang mewadahi para promotor Indonesia. Dengan harapan ke depannya promotor di Indonesia bisa bersaing lebih sehat.

Penasaran seperti apa kata para promotor tentang konser musik dan apa yang menjadi tren di tahun depan, berikut ulasannya.

Baca juga: Tak Ada Pandemi Covid-19, Konser Hybrid Diprediksi Tetap Hits di Masa Depan

Tahun 2021 tetap ada rencana

Sampai saat ini belum ada yang tahu pasti akan seperti apa tahun 2021 nanti untuk industri ini. Namun, para pekerja di dalamnya tetap harus bertahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, promotor-promotor musik ternama sudah membuat rencana, terlepas apakah tahun depan itu bisa terwujud atau tidak.

"Kayaknya harus, planning harus jalan. Karena pengaruhnya bukan hanya terhadap penyelenggara tapi pekerja industri," kata Dewi Gontha, Presiden Direktur PT Java Festival Production.

"Data April, pekerja industri kreatif yang terimbas 200.000-an orang tidak bekerja, kalau kita menyelenggarakan acara, kita mendukung industrinya. Bilamana diizinkan, kita tetap ikuti aturan pemerintah, kita harus jalan, kembali beraktivitas," lanjutnya.

Akan tetapi semua kembali pada vaksin. Selama vaksin belum ditemukan, promotor masih menahan untuk menggelar konser offline seperti dulu.

Baca juga: Promotor Musik Sudah Susun Rencana Gelar Konser di 2021, tapi...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.