Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Konser Live Streaming dengan Kualitas Baik Disebut Bakal Bertahan

Kompas.com - 15/11/2020, 21:13 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat orang sulit memprediksi akankah konser offline bisa langsung digelar tahun depan.

Di sisi lain, banyak orang sudah mulai terbiasa dengan konser-konser yang digelar secara streaming atau drive in.

Mereka yang bekerja di balik Tomorrowland dan festival Coachella, angkat bicara terkait hal tersebut di webinar Contact Music and Entertainment Week (end) (CMEW).

"Saya rasa live stream sederhana akan hilang, dan saya rasa live stream yang lebih canggih akan berhasil. Orang-orang akan bersedia membayar untuk (menonton) live stream karena akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik," kata Nick Royaards, Kepala manajemen artis di Tomorrowland, Minggu (15/11/2020).

Meurut Nick Royaards, ada keuntungan dari terbiasanya masyarakat melihat konser live streaming.

Baca juga: Promotor Musik Sudah Susun Rencana Gelar Konser di 2021, tapi...

Salah satunya, mereka yang belum pernah atau tidak pernah menonton konser secara offline, akhirnya merasakan seperti apa konser tersebut.

Kemudian, CEO of North Agenda dan anggota tim produksi Coachella serta Stagecoach, Sean Sandoval mengatakan, mungkin saja penonton-penonton baru yang terbentuk semasa pandemi ini akan menambah demografi baru dalam hal penonton konser online.

"Ada orang yang belum pernah nonton konser langsung, sekarang bisa nonton lewat live stream. Dan orang yang terbiasa nonton live stream, tidak terlalu nyaman nonton secara langsung," kata Sean Sandoval.

Tidak hanya konsep streaming dengan kualitas bagus yang mungkin masih bertahan di tahun depan, tapi konsep drive in concert juga menjadi hal baru yang menarik penonton baru.

"Orang-orang yang belum pernah ke konser, tapi sekarang mereka merasa bisa duduk di mobil (menonton konser), tidak usah berpanas-panas," kata Sean Sandoval melanjutkan.

Baca juga: Tak Ada Pandemi Covid-19, Konser Hybrid Diprediksi Tetap Hits di Masa Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com