Pengalaman Ardhito Pramono Saat Bersekolah, 2 Kali Pindah Sekolah dan Putuskan Home Schooling

Kompas.com - 27/10/2020, 11:30 WIB
Ardhito Pramono yang sedang berbincang dengan Onad. (Bidikan layar YouTube Onadio). KOMPAS.com/Revi C Rantung Ardhito Pramono yang sedang berbincang dengan Onad. (Bidikan layar YouTube Onadio).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat masih menjadi murid sekolah, penyanyi Ardhito Pramono melewati pengalaman akademik yang berlika-liku.

Ia menuturkan sering punya pengalaman kurang mengenakan dengan guru dan juga sekolahnya.

Merasa tidak cocok

Ardhito mengungkapkan, ia lulus dari SMPN 115 Jakarta. Mayoritas murid lulusan SMP tersebut masuk ke SMAN 8, begitu pun dengan dirinya yang punya harapan yang sama.

Sayangnya, Ardhito tidak berhasil masuk SMA favorit itu.

"Terus akhirnya saya diterima di SMAN 59. Saya merasa pergaulannya enggak cocok di sana dan guru-gurunya juga enggak cocok di sana. Akhirnya saya memutuskan untuk enggak sekolah pada saat itu," ungkap Ardhito Pramono, dikutip dari kanal YouTube Gita Wirjawan, Senin (26/10/2020). 

Baca juga: Ardhito Pramono Bicara Musik, Belajar dari Guru Matematika hingga Merasa Fans Tak Peduli

Karena tak kerasan, Ardhito mengaku kepada ibunya bahwa ia malas sekolah.

Dikirim ke Sydney

Usai berhenti sekolah, di usia 16 tahun Ardhito dikirim ke Sydney, Australia untuk belajar bahasa Inggris selama tiga bulan.

"Akhirnya saya dikirim ke Sydney selama tiga bulan untuk belajar bahasa Inggris, di sana bersama eyang saya," kata Ardhito.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X