Marion Jola Rilis Singel "Jangan", Gandeng Rayi dan Eka Gustiwana

Kompas.com - 09/10/2020, 10:17 WIB
Marion Jola tampil di Java Jazz Festival 2020 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/2/2020). KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAHMarion Jola tampil di Java Jazz Festival 2020 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernah membawa kesuksesan bagi penyanyi jebolan Indonesian Idol, kini lagu singel "Jangan" dibuat versi EDM dengan menggandeng Rayi. 

Sebagaimana diketahui, sersi asli lagu "Jangan" dibuat oleh trio pencetak hits, Laleilmanino.

Menggandeng Eka Gustiwana, singel "Jangan" berhasil diubah dengan apik, dengan suara synthesizer yang menonjol, tempo menjadi lebih cepat, lebih nge-beat, lebih groovy.

Baca juga: Blak-blakan Brisia Jodie dan Julian Jacob soal Asmara dan Marion Jola

Sebagai seorang komposer, Eka Gustiwana yang juga personel dari grup musik EDM Weird Genius memang menjadikan lagu ini terdengar sangat berbeda dari versi aslinya.

Namun ia tidak membuatnya keluar dari musik pop yang menjadi garis besar warna musik singel aslinya.

Tetap catchy untuk didengar. Electro pop dance music mungkin lebih tepat untuk menyebutkan musiknya.

Baca juga: Galang Dana Hadapi Corona, Marion Jola Gelar Konser Live di Instagram

Menariknya lagi, Eka Gustiwana menambahkan semacam unsur bunyi gamelan di beberapa bagian.

Suatu hal yang jarang dilakukan dalam aransemen EDM, tapi ternyata fill in bunyi ini bisa pas dengan keseluruhan aransemen musiknya.

Tidak terkesan norak, justru keren dan out of the box, karena suara gamelan hasil remix ini
menjadi representasi bagaimana suara musik khas atau tradisional bisa mix and match dengan musik yang lebih modern.

Walau mungkin bukan yang pertama melakukannya, tapi kombinasinya terdengar pas.

Baca juga: Rayi Sebut Peran Ayah Nino dalam Kesuksesan RAN

Sekadar mengingatkan, singel "Jangan" ini berhasil menghantarkan Marion Jola meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2018 untuk kategori Pendatang Baru Terbaik Anugerah Musik Indonesia 2018.

Di momen yang sama, singel "Jangan" juga meraih tiga nominasi lain untuk kategori Duo/Grup/Vokal Grup/Kolaborasi Pop Terbaik, Karya Produksi Kolaborasi Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik.

Video musik dari singel "Jangan" berhasil mencapai 58 juta lebih viewers setelah diunggah pertama kali dua tahun lalu.

Singel ini dirilis pada Juni 2018 dan juga menjadi bagian dari lagu yang ada di album perdana Marion Jola yang berjudul Marion (Juli, 2019).


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X