DPR Tak Kunjung Sahkan RUU PKS, Giring Ganesha: Apa yang Rumit?

Kompas.com - 08/10/2020, 15:17 WIB
Artis musik yang terjun ke dunia politik Giring Ganesha ANTARA/HO Artis musik yang terjun ke dunia politik Giring Ganesha

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi yang juga politikus Giring Ganesha menyinggung soal Rancangan Undang Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) yang tak kunjung disahkan DPR.

Giring pun berandai-andai perihal teman-temannya di Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jika lolos Pileg 2019 lalu.

"Saya selalu ngomong ke teman-teman media, 'Ini kalau sampai ada sist Grace, Tsamara, Dini, Dara yang ada di dalam (DPR) situ, saya yakin RUU PKS sudah kelar dari tahun lalu ketika mereka menjabat'," kata Giring dalam kanal YouTube Merry Riana, dikutip Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Aktivis Perempuan Sayangkan DPR Pilih Kebut UU Cipta Kerja Dibanding RUU PKS

Terlepas dari itu, Giring kebingungan dengan anggota DPR yang sampai saat ini belum mengesahkan RUU PKS.

Dia bertanya-tanya sesulit apa mengesahkan RUU PKS di DPR.

"RUU PKS kenapa enggak selesai-selesai? Rumit katanya. Rumit apanya? Apanya yang rumit?" tanya Giring.

Baca juga: Calonkan Diri di Pilpres 2024, Ini 5 Penjelasan Giring soal Dana Kampanye hingga Program Kerja

Pemilik nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo itu menegaskan, ia bisa berbicara seperti itu lantaran RUU PKS menyangkut keselamatan perempuan di Indonesia. 

"Ini kan menyangkut, misalnya, Ibu kita yang mengalami kekerasan seksual atau adik perempuan kita atau kakak perempuan kita atau sahabat perempuan kita atau bahkan amit-amit jabang bayi, anak kita yang kalau misalnya perempuan," ucap Giring.

Di sisi lain, Giring mengingatkan kepada pemuda/i Indonesia untuk ikut serta berperan dalam pergerakan politik.

Sebab, kata Giring, anak muda memiliki peran penting untuk masa depan bangsa Indonesia. 

"Anak muda yang penting enggak banyak omong, tetapi banyak aksi. Itu yang saya mau juga share ke banyak anak muda yang ada di Indonesia," ucap Giring.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X