Rich Brian dan Bukti Kecintaannya Terhadap Indonesia

Kompas.com - 21/08/2020, 09:33 WIB
Rapper Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Gudang Gambar, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIARapper Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Gudang Gambar, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagai penyanyi asal Indonesia yang berhasil menembus pasar musik hip hop Amerika Serikat, Rich Brian tidak lantas melupakan asalnya.

Apa buktinya, berikut rangkuman pengakuan Rich Brian atas pengakuan kecintaannya terhadap Indonesia.

Lewat musik

Tak perlu merepresentasikan identitas negaranya lewat ucapan, Rich Brian lebih suka menunjukkannya lewat karya.

Baca juga: Rich Brian Lebih Plong Bikin Lagu saat Berada di Indonesia

"Caranya representasi negara, ethnicity atau apapun itu, enggak perlu dengan cara yang selalu jelas banget kayak 'I'm from Indonesia, I'm from Asia.' Menurutku dari dulu the best way to represent ya just be the best at your job," ujarnya.

Rich Brian hanya fokus memberikan karya terbaik karena pada akhirnya orang-orang akan menyadari dari mana ia berasal.

"Karena at the end of the day orang-orang akan tahu aku dari Indonesia dan orang-orang Indonesia tahu aku dari Indonesia," kata Rich Brian

Bersyukur lahir di Indonesia

Rich Brian yang sudah empat tahun terakhir menetap di Amerika Serikat mengaku sangat bersyukur karena lahir dan dibesarkan di Indonesia. Menurut dia, hal itu membuat wawasannya tentang keberagaman semakin terbuka sejak dini.

"Aku besar di Indonesia merasa bersyukur banget. Kalau aku lahir di Amerika aku enggak bakalan ada prespektif tentang dunia," ujar Rich Brian.

Rapper Rich Brian dalam acara virtual live Bertemu Indonesia di kanal YouTube Narasi, Minggu (16/8/2020).Tangkapan layar kanal YouTube Narasi Rapper Rich Brian dalam acara virtual live Bertemu Indonesia di kanal YouTube Narasi, Minggu (16/8/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X