Cara Rich Brian Representasikan Indonesia dan Asia dalam Musiknya

Kompas.com - 19/08/2020, 17:55 WIB
Rapper Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Gudang Gambar, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIARapper Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Gudang Gambar, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Datang dari Indonesia, rapper Rich Brian kini telah berhasil menembus industri musik hip hop Amerika Serikat.

Popularitas tinggi Rich Brian tak lepas dari kualitas karya yang dirilisnya dalam beberapa tahun terakhir.

Saat menjadi bintang tamu dalam acara "Bicara Indonesia" bersama Najwa Shihab, Rich Brian mendapatkan pertanyaan tentang caranya merepresentasikan Indonesia atau Asia di dalam musiknya.

Baca juga: Takut Lupa Bahasa Indonesia, Rich Brian Nonton Trailer Film Ada Apa dengan Cinta?

"Caranya representasi negara, ethnicity atau apapun itu, enggak perlu dengan cara yang selalu jelas banget kayak 'I'm from Indonesia, I'm from Asia.' Menurutku dari dulu the best way to represent ya just be the best at your job," kata Rich Brian seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Najwa Shihab, Rabu (19/8/2020).

Rich Brian berujar mentalitas seperti itu sudah melekat padanya sejak dulu, sebelum berkarier di Indonesia.

Pelantun lagu "Love In My Pocket" ini juga tak ingin terbebani untuk selalu harus merepresentasikan Indonesia atau Asia di setiap karyanya.

Baca juga: 4 Tahun Tinggal di Amerika, Rich Brian Selalu Kangen Indonesia

Rich Brian hanya fokus memberikan karya terbaik karena pada akhirnya orang-orang akan menyadari dari mana ia berasal.

"Karena at the end of the day orang-orang akan tahu aku dari Indonesia dan orang-orang Indonesia tahu aku dari Indonesia," kata Rich Brian.

Pemilik nama asli Brian Imanuel ini merasa cara terbaik untuk merepresentasikan asalnya adalah dengan cara seperti itu.

Rich Brian sendiri baru saja mengeluarkan single baru berjudul "Don't Care".

Baca juga: Terinspirasi Social Distancing, Rich Brian Rilis Single Love In My Pocket


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X