Bicara Nasib Industri Musik, Afgan: Fokus Lalui Pandemi Seaman Mungkin Dahulu

Kompas.com - 04/08/2020, 22:49 WIB
Penyanyi Afgansyah Reza saat ditemui di kediaman Bunga Citra Lestari di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Penyanyi Afgansyah Reza saat ditemui di kediaman Bunga Citra Lestari di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum melandai di Indonesia tentu membuat banyak aspek kehidupan terganggu termasuk industri hiburan.

Penyanyi Afgan termasuk salah satu yang merasakan keadaan ini. Sudah sekitar empat bulan Afgan mengaku tidak pernah manggung off air.

Meskipun sudah lama tidak bisa menghibur secara langsung disaksikan banyak penonton, Afgan berpendapat pulihnya situasi pandemi tetap menjadi yang paling penting. 

Baca juga: Usai Konser Dekade, Afgan Sempat Susah Move On Selama 2 Minggu

"Yang jelas sih enggak fokus ke konser dulu. Maksudnya, semoga kita bisa menyelesaikan pandemi ini sebaik-baiknya, fokus di how to get through this dengan seaman mungkin," tutur Afgan dalam wawancara lewat sambungan video bersama Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Di sisi lain, artis pemilik nama lengkap Afgansyah Reza ini tetap berharap ada inovasi baru untuk masyarakat dalam menyaksikan konser.

Sebab, menurut Afgan industri musik Tanah Air sudah mati suri belakangan ini.

"Tapi kalau buat industri musik terutama pertunjukkan, saya berharap kita bisa temukan cara baru untuk bisa menikmati konser musik dengan aman," ucapnya. 

Baca juga: Lagu Terima Kasih Cinta Bikin Afgan Terbayang Perjuangan Awal Merintis Karier

Salah satu contohnya, Afgan akan tampil di atas panggung secara live untuk konser berkonsep drive in, New Experience Live yang akan berlangsung pada 30 Agustus mendatang di Parkir Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Afgan juga berharap seluruh masyarakat semakin peka dan sadar akan pandemi yang masih belum hilang dari negeri Indonesia 

"Menurut aku yang difokusin lebih ke awareness kita tentang kondisi yang sudah terjadi sekarang ini," ujar Afgan.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X