Idap Kanker Ovarium, Feby Febiola: Our Mind and Spirit Harus Kuat

Kompas.com - 04/08/2020, 18:33 WIB
Feby Febiola saat berbincang dengan Maia Estianty YouTube Maia EstiantyFeby Febiola saat berbincang dengan Maia Estianty

JAKARTA, KOMPAS.com – Artis Feby Febiola tetap tegar meskipun divonis mengidap kanker ovarium stadium 1C.

Berbincang dengan Maia Estianty, Feby Febiola tak memungkiri awalnya merasa khawatir dan takut.

“Jadi waktu pertama kali ada massa (tumor) di indung telur, gue mikir, nyokap gue meninggal karena kanker, kakak ipar gue meninggal karena kanker,” kata Feby Febiola seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Maia Estianty, Selasa (4/8/2020).

“Kan otak gue langsung kemana-kemana dong, Mai. Gue langsung mikirnya yang enggak-enggak dong, 'waduh, waduh gitu kan',” ujar Feby Febiola dalam video berjudul ‘Feby Febiola : Aku Baik-Baik Saja. Doakan Aku. (Part I)’.

Baca juga: Ada Tumor Ganas di Ovariumnya, Feby Febiola: Sebesar 16 cm

Akan tetapi, dokter yang menanganinya terus memberikan semangat positif sehingga Feby Febiola merasa tenang saat menjalani perawatan.

“Terus dokternya ngomong, ‘tahu enggak Feby, tubuh kita ini cuma kayak baju, gampang rusak, yang enggak pernah rusak itu adalah spirit kita’,” tutur Feby.

Senada dengan pendapat dokter, Feby Febiola merasakan apa yang dikatakan adalah hal yang benar.

“Ya sudah badan kita ini bukan cuma terdiri dari badan kita saja tetapi juga ada mind and spirit. Waktu tubuh kita lemah, our mind and our spirit itu harus kuat, harus tenang menghadapi semuanya,” ujar Feby.

Ketika semangat muncul, kata Feby Febiola, tubuh juga akan merasakan hal yang sama sehingga perawatan yang dilakukan dapat maksimal.

Baca juga: Jalani Kemoterapi, Feby Febiola: Badan Pegal Kayak Disetrum

“Karena memang kalau kita semangat, sel-sel ditubuh kita itu akan bagus dan obat kemo yang dimasukan ke tubuh kita itu akan bekerja dengan baik,” ujar Feby Febiola.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X