Dipha Barus Awali Karier DJ dari Kanal YouTube Sflogicninja

Kompas.com - 06/07/2020, 20:38 WIB
DJ Dipha Barus saat ditemui dalam sebuah seminar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIADJ Dipha Barus saat ditemui dalam sebuah seminar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Merintis kariernya sebagai DJ, Dipha Barus mengawalinya dari sebuah kanal YouTube bernama Sflogicninja yang didirikan David Earl pada 2006.

Pada kanal YouTube tersebut, Dipha Barus mulai mempelajari berbagai hal tentang dunia DJ.

Baca juga: Lirik dan Chord All Good, Kolaborasi Dipha Barus dan Nadin Amizah

"Tapi ketika minat untuk nge-DJ sudah mulai terbangun, gue ingat banget kanal pertama yang menguatkan gue akan dunia song producing adalah kanal ini," ucap Dipha Barus dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (6/7/2020).

Selain Sflogicninja, Dipha Barus juga mempelajari tentang dunia musik DJ dari kanal-kanal YouTube yang lain untuk menajamkan kemampuannya.

"Gue enggak pernah sekolah formal jadi produser, gue cuma ikuti tutorial dari semudah cara memasukkan audio ke workstation hingga yang lebih kompleks. Gue memilih untuk ngulik semuanya dari beragam tutorial di YouTube," ujar Dipha Barus. 

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Aku Wanita, Kolaborasi BCL dan Dipha Barus

Meski pernah mengukuti sekolah musik di bawah naungan sejumlah nama besar Tanah Air, Dipha Barus memiliki satu momen yang membuka perspektifnya terhadap musik.

Momen tersebut ialah ketika ia menemukan album band Nirvana di salah satu toko musik, yang bermula karena ketertarikannya pada sampul dari album tersebut.

"Album tersebut bisa dibilang suatu titik balik gue. Dari situ gue menyadari bagaimana musik tidak hanya mampu mengekspresikan kebahagiaan atau kesedihan, tetapi juga kemarahan dan berbagai macam perasaan dan pernyataan," ucap Dipha Barus. 

Baca juga: Mengenal Arindi Putry, Keyboardis Lincah Remix Koplo yang Dicari Dipha Barus

Mulai dari sana, suami Vanessa Budihardja itu mendalami dan mempelajari bagaimana beragan musisi mengekspresikan pikiran dan perasaannya melalui musik yang berbeda.

Kini, di tengah situasi new berkait normal pandemi Covid-19 ini, Dipha Barus mengaku tetap membangun rutinitas yang baik dan produktif.

"Setiap pagi gue selalu menyempatkan diri belajar sesuatu hal baru di YouTube. Mulai dari teknik mixing, ulasan dari kreator atau kanal YouTube luar negeri," ucap Dipha Barus.

Selanjutnya, Dipha Barus berencana merilis single kolaborasi dengan artis internasional yang dapat dinikmati penggemarnya pada awal Agustus mendatang.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X