Ahmad Dhani: Dewa 19 Masuk Dapur Rekaman gara-gara Slank

Kompas.com - 29/06/2020, 16:56 WIB
Dewa 19, dengan formasi sekarang, (dari kiri ke kanan) Agung Yudha, Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, dan Yuke Sampurna, berfoto dengan Ari Lasso (ber-t-shirt putih), sesudah tampil dalam pergelaran musik Soundrenaline 2015, di Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (5/9/2015). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANADewa 19, dengan formasi sekarang, (dari kiri ke kanan) Agung Yudha, Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, dan Yuke Sampurna, berfoto dengan Ari Lasso (ber-t-shirt putih), sesudah tampil dalam pergelaran musik Soundrenaline 2015, di Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (5/9/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ahmad Dhani menceritakan awal terjunnya Dewa 19 di industri musik Tanah Air.

Ahmad Dhani mengaku bahwa Slank menjadi salah satu grup band acuannya saat membentuk Dewa 19.

Baca juga: Dikonfirmasi Perseteruan Dewa 19 dan Slank soal Jadwal Manggung, Ahmad Dhani: Itu Hoaks

Bahkan dengan kesuksesan Slank pada 1990-an membuat Ahmad Dhani akhirnya mau membawa Dewa 19 ke dapur rekaman.

“Waktu pertama kali Dewa 19 itu, jadi Dewa itu ada masa ketika kita memutuskan untuk band pop-rock. Dulunya saya, Andra, Erwin bandnya fusion. Ketika putuskan pop-rock, pada saat itu ada dua band acuan kita, yaitu Kla Project dan Slank,” kata Ahmad Dhani kepada Rian D’Masiv dalam kanal YouTubenya seperti dikutip Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Ahmad Dhani Bicara Ketakutan soal Dewa 19 dan Perceraian dari Maia Estianty

“Jadi karena mereka sudah rekaman dan sukses, ya, terutama Slank tahun 1990-an, ya, sukses. Saat itu, kami mau rekaman, jadinya enggak pengin main di kafe atau di mana, kami rekaman. Kebetulan ada yang memfasilitasi, gara-gara Slank juga kami mau rekaman,” sambung Dhani.

Bahkan, Ahmad Dhani tak mengetahui bagaimana nasib Dewa 19 saat itu jika tak mengikuti jejak Slank untuk rekaman.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Dewa 19 yang Diungkap Ahmad Dhani

“Kalau enggak ada Slank belum tentu juga kami mau cepat-cepat rekaman. Karena kayaknya ‘Wah ini pas masanya’, Dewa 19 punya album sendiri,” tutur Ahmad Dhani.

Selain membahas soal itu, Ahmad Dhani juga meluruskan kabar seputar Dewa 19 yang pernah kisruh dengan Slank soal jadwal manggung.

Baca juga: Once Gantikan Ari Lasso di Dewa 19, Ahmad Dhani Sempat Takut sampai Terbawa Mimpi

Kata Dhani, kabar itu adalah hoaks alias tidak benar.

“Itu hoaks, tahun 1997 itu, berarti kita lompat tahun 1991 ke 1997, hoaks. Jadi kami Dewa 19 enggak pernah ribet sama siapa yang main duluan yang penting kita dibayar duluan,” kata Ahmad Dhani lagi.

Bahkan, menurut Dhani, waktu yang tepat untuk tampil bagi Dewa 19 sekitar pukul 19.00 malam.

Baca juga: Ahmad Dhani Ungkap Asal-usul Nama Dewa 19 yang Lahir dari Salah Kaprah

“Yang main dulaun terserah, yang penting kami dibayar duluan. Justru kadang kami milih waktu, kalau bandnya banyak kami pilih jam 7 malam. Kami tidak pernah bangga menjadi pemain terakhir. Kami bangga kita dibayar duluan,” ucap Dhani sembari tertawa.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X