Kompas.com - 26/06/2020, 18:06 WIB
Arena pemutaran di bioskop CGV. Dokumentasi CGVArena pemutaran di bioskop CGV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, bioskop di Indonesia, khususnya Ibu Kota Jakarta belum bisa beroperasi seperti sedia kala karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Sambil menunggu diperbolehkannya beroperasi kembali, bioskop CGV terus melakukan sejumlah persiapan dan simulasi.

"Saat ini kita sedang tahap persiapan seperti misalnya pemasangan marker-marker untuk physical distancing, juga menggelar simulasi-simulasi untuk protokol kesehatan," kata PR CGV Indonesia, Hariman Chalid dalam live di Instagram @cgvindonesia, Jumat (26/6/2020).

Selain itu, jaringan bioskop CGV juga mencoba gunakan mesin touch screen yang disebut Self service Ticket Machine (STM) untuk menghindari kontak antara calon penonton dan staf mereka.

Baca juga: New Normal, Ini 6 Aturan Baru Nonton di Bioskop CGV dan XXI

"Kita juga telah siapkan beberapa pos mesin touch screen untuk penonton yang mau menonton jadi tidak perlu ada kontrak dengan staf. Penonton juga bisa langsung secara mudah dan sendiri," jelas Hariman.

Mesin touch screen ini sebenarnya sudah tersedia sebelumnya, tetapi CGV akan menambah jumlahnya di semua bioskop.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ditambah lagi, akan ada fitur tambahan. Nantinya, selain untuk pembelian tiket nonton, mesin tersebut bisa juga untuk pesan makanan dan minuman.

Mekanismenya, ketika pengunjung sudah memesan dan membayar tiket nonton via online, saat tiba di bioskop bisa langsung print tiket di STM.

Sedangkan, bila membeli tiket nonton langsung di tempat maka metode pembayarannya menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Hibur Masyarakat yang Kangen Nonton Bioskop, CGV Manfaatkan Media Sosial

Pihak CGV juga mengaku tetap menjaga komunikasi dengan pihal mal dan pihak produser film.

Nantinya juga akan ada beberapa penyesuaian yang bakal diterapkan CGV mengikuti era new normal.

"Sebelum masuk mungkin akan diukur suhu tubuhnya, setiap staf kita juga wajib pakai masker. Pengunjung juga kita wajibkan pakai masker," tutur Hariman.

Salah satu faktor yang dipentingkan CGV ialah mengembalikan kepercayaan pelanggan untuk menonton di bioskop di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Segera Dibuka, Bioskop CGV Siap Putar Film Box Office pada Juli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.