Kompas.com - 16/06/2020, 16:59 WIB
Lukman saat dijumpai di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2019). KOMPAS.com/Revi C Rantung Lukman saat dijumpai di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Indonesia 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal awal, yakni pada 5 Desember 2020.

Komite Penyelenggara FFI sejak jauh-jauh hari sudah menjadwalkan Malam Pengumuman Nominasi pada 7 November dan Malam Penganugerahan pada 5 Desember.

Beberapa ajang penghargaan film dunia, seperti Oscar dan BAFTA, sudah mengumumkan akan memundurkan jadwal penyelenggaraan mereka di tahun ini akibat adanya pandemi corona.

Baca juga: Berjaya di FFI 2019, Film Kucumbu Tubuh Indahku Tayang Lagi di Bioskop

"Secara pelaksanaan tentunya di tahun ini berbeda. Kita harus mempersiapkan segala kemungkinan," kata Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/6/2020).

Adapun Lukman menjelaskan bahwa tim Komite sudah menyiapkan dua alternatif untuk pelaksanaan Malam Pengumuman Nominasi dan Malam Penganugerahan Piala Citra.

Dua alternatif yang sudah disiapkan oleh FFI adalah pelaksanaan langsung dengan protokol kesehatan ketat dari pemerintah atau menggelarnya secara virtual.

Baca juga: Rianto, Penari Lengger di Kucumbu Tubuh Indahku Bangga Muhammad Khan Menang FFI 2019

"Mudah-mudahan apapun bentuknya tidak mengurangi nilai-nilai Festival Film Indonesia," kata Lukman Sardi.

Sejauh ini FFI sudah berhasil mengumpulkan 53 judul film panjang yang tayang di bioskop sejak 1 Oktober 2019 hingga 15 Maret 2020.

FFI juga masih membuka peluang bagi film-film yang perilisannya tertunda akibat bioskop ditutup selama masa pandemi corona ini.

Film-film tersebut nantinya akan dikurasi oleh tim penjurian dan hasilnya akan diumumkan sesuai jadwal yang disebutkan di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.