Kompas.com - 12/05/2020, 19:15 WIB
Soleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019). KOMPAS.com/IRA GITASoleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dikenal sebagai komika sekaligus aktor, Soleh Solihun juga mulai dikenal sebagai YouTuber.

Hanya bermodalkan telepon genggam dan mewawancarai narasumber, Soleh Solihun mampu membuat para subscriber-nya ikut dalam setiap perbincangannya.

Bagi Soleh Solihun konten YouTube yang dibuatnya tersebut adalah upayanya menyalurkan kerinduan terhadap proses wawancara.

Pasalnya, seperti yang kita ketahui, Soleh Solihun juga pernah menjadi seorang wartawan.

“Saya bikin wawancara di YouTube cuma ingin wawancara saja, menyalurkan kekangenan sama proses wawancara," kata Soleh Solihun saat dihubungi Kompas.com lewat sambungan telepon Kamis (7/5/2020).

Baca juga: Soleh Solihun Beberkan Alasan Kanal YouTube Miliknya Tak Hasilkan Uang

"Saya enggak peduli ada yang nonton atau enggak yang penting saya sudah wawancara, yang penting audio aman, ada gambar ya kalaupun ada yang protes saya enggak peduli,” ujar Soleh melanjutkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, Soleh Solihun mengatakan konten yang diunggahnya di YouTube lebih untuk dirinya sendiri.

“Saya melakukan ini buat diri sendiri bukan buat orang lain. Kalau ada yang menikmati alhamdulilah. Jadi tujuan utamanya kangen saja proses wawancara biar ada karya di YouTube,” ucap pemain film Mau Jadi Apa? ini.

Baca juga: Soleh Solihun: Saya Bikin YouTube Bukan untuk Cari AdSense

Menurut Soleh Solihun, karya yang paling bisa dia buat adalah wawancara dengan narasumber. Mengingat, dahulu ia memang memiliki profesi sebagai wartawan.

“Dan karya yang paling mudah bisa saya kerjakan ya wawancara, karena saya sadar salah satu kekuatan saya ya dari sisi wawancara. Kalau saya bikin video lucu atau apa itu kan sudah banyak yang lebih lucu dan bagus secara produksi,” tutur Soleh lagi.

Selain itu, pria berusia 40 tahun itu menjamin bahwa konten wawancara yang disuguhkannya di YouTube tak kalah menarik walau dengan alat seadanya.

“Jadi saya pikir secara teknis paling minim, jauh dari kualitas bagus tapi saya yakin kalau isi tidak kalah menarik dari produksi nya bagus,” ujar Soleh Solihun.

Baca juga: Cerita Soleh Solihun Ikuti Prosedur Pasien Covid-19 hingga Diisolasi karena Sakit Demam Berdarah


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X