Tak Direspons Selebgram, Ide Reza Arap Tampung Tunawisma Ditindaklanjuti Anies Baswedan

Kompas.com - 25/04/2020, 15:34 WIB
YouTuber Reza Arap Oktovian mendirikan Pluus Record. Dokumen Pluus RecordYouTuber Reza Arap Oktovian mendirikan Pluus Record.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konten kreator Reza Arap Oktovian tergerak menyewa GOR untuk membuat dapur umum atau tempat penampungan bagi mereka yang tidak memiliki tempat tinggal di dan kesulitan di tengah pandemi corona.

Reza Arap merespons hal tersebut setelah ia melihat video banyaknya pekerja yang menjadi tunawisma dan tidur di trotoar Tanah Abang. 

Reza Arap kemudian meminta followers-nya di Twitter untuk mengajak satu atau dua influencer, selebgram, atau orang kaya untuk merealisasikan tujuannya.

Baca juga: Yellow Claw Gebrak Panggung DWP 2019 bersama Ramengvrl dan Reza Arap

"Aku memanggil para influencer, selebgram, orang kaya, satu atau dua sudah cukup. Mari kita menyewa lapangan basket/GOR 1-3 bulan untuk tempat tinggal mereka," kicau Reza Arap dalam akun Twitternya, @YBRAP, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (25/4/2020). 

Namun, menurut dia, tidak ada influencer maupun selebgram yang merespons ajakannya tersebut.

Idenya justru langsung direspons Pemprov DKI, dalam hal ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga: Setahun Tutup Kanal YouTube, Apa Kabar Reza Arap?

Anies dikabarkan melihat unggahan Reza Arap di Twitter dan ingin berpartisipasi membantu warga yang tidak memiliki tempat tinggal itu.

"Ingat twitku tadi malam? Pertama, tidak ada idola kalian yang menghubungiku. Tapi, gubernur kita membacanya dan kami sekarang sedang mengerjakannya," twit Reza Arap. 

Ia kemudian menjelaskan memiliki agenda khusus dalam membantu orang-orang tersebut.

Baca juga: Youtuber Reza Arap Bakal Luncurkan Lagu di Label Miliknya

Dirinya sedang berinvestasi agar tidak terjadi kerusuhan di masa mendatang.

"Jika kita membantu mereka dari sekarang, kita meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusuhan di masa mendatang. Karena kita tidak tahu sampai berapa lama mereka akan menjadi orang baik dengan tekanan seperti itu," kicau Reza Arap. 

Gubernur Anies Baswedan kini sudah meminta timnya mengurusi para tunawisma. 

Menurut penuturan Reza Arap, Anies sedang mempersiapkan beberapa GOR, kasur, makanan, dan beberapa bantuan lain untuk warga terdampak corona yang tidak memiliki tempat tinggal. 

Kompas.com masih berusaha menghubungi Reza Arap Oktovian demi mendapatkan informasi terkait kelanjutan bantuan ini.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X