Boyband X1 Belum Dibayar Sejak Debut hingga Bubar, Mnet Beri Penjelasan

Kompas.com - 19/02/2020, 10:50 WIB
Boyband Kpop pendatang baru, X1, yang terbentuk dari ajang Produce X 101. Dokumentasi tVNBoyband Kpop pendatang baru, X1, yang terbentuk dari ajang Produce X 101.

KOMPAS.com - Honor yang seharusnya diterima masing-masing anggota boyband X1, dikabarkan masih belum dibayarkan lebih dari sebulan setelah pembubaran resmi grup tersebut.

Sekarang sudah 42 hari atau 6 minggu, sejak pembubaran X1 dan biaya penyelesaian untuk periode pendek mereka bersama disebut masih 0 won alias nihil.

Baca juga: X1 Bubar, Kim Yo Han Jadi Sorotan, Kenapa?

CEO CJ ENM Heo Min Hee mengatakan pada konferensi persnya setelah pembubaran X1 bahwa perusahaan akan bertanggung jawab penuh atas peristiwa yang menyebabkan pembubaran grup.

Namun, masalah pembayaran untuk X1 masih belum diselesaikan.

Baca juga: Begini Kronologi Pembubaran Boyband X1

Menurut orang dalam melalui Ilgan Sports, agensi anggota X1 telah meminta CJ ENM beberapa kali untuk menyelesaikan pembayaran, tetapi belum ada konfirmasi dari CJ ENM.

Meskipun X1 menjual Gocheok Sky Dome, menjual lebih dari 600.000 album, dan berpartisipasi dalam acara di luar negeri, anggota dan agensi masih bekerja tanpa bayaran.

Sementara itu, CJ ENM terungkap telah mengantongi ratusan juta won karena seri program Produce, termasuk 88 juta won atau Rp 1 miliar hanya dari pemungutan suara atau voting seluler saja.

Baca juga: X1 Bubar, Uang Keanggotaan Fan Club ONE IT Dikembalikan

Kembali pada November 2019, CJ ENM yang menanggapi laporan bahwa X1 belum dibayar, menyatakan bahwa pembayaran akan dilakukan sesuai jadwal triwulan.

"Pembayaran dilakukan setiap triwulan dan karena baru sekitar tiga bulan sejak debut mereka, bukan saatnya pembayaran mereka diterima," kata CJ ENM saat itu.

Sementara baru-baru ini, perwakilan humas Mnet berkomentar tentang kemungkinan anggota dan agensi dibayar segera.

Baca juga: X1 Dibubarkan, 1.000 Fans Berdemo di Depan Kantor CJ ENM

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X