Guys, Tasya Kamila Bagi-bagi Tips biar Kamu Siap Hadapi Ujian Nasional

Kompas.com - 29/01/2020, 08:31 WIB
Tasya Kamila berpose dalam sebuah acara di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanTasya Kamila berpose dalam sebuah acara di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Tasya Kamila cukup dikenal sebagai artis yang memiliki kecerdasan akademik.

Bagaimana tidak, Tasya kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 2010 melalui jalur undangan alias tanpa tes.

Setalah menjadi sarjana, Tasya melanjutkan program magister Administrasi Publik di Universitas Columbia, Amerika Serikat dan lulus tahun 2018.

Baca juga: Tasya Kamila: Tak Perlu Stres UN, Kalau Enggak Lulus, Lu Enggak Mati

Tasya pun membagikan beberapa cara dalam menghadapi ujian nasional yang sebentar lagi akan dijalankan siswa-siswi di Indonesia.

"Yang pertama aku punya study plan, rencana belajar. Aku selalu bikin, misalnya ujian masih tiga bulan lagi, nah selama tiga bulan ke depan rencana belajarku apa," kata Tasya usai menghadiri sebuah acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Setelah mengikuti simulasi ujian (try out) di sekolah, Tasya mengaku selalu mengevaluasi hasil belajarnya.

Baca juga: Tegang Hadapi UN, Tasya Kamila Bentol-bentol

"Dari situ kelihatan kelemahan kita di mana, topik-topik apa yang perlu diasah dan harus belajar lagi. Dan yang itulah yang harus dikuasai target-targetnya," tutur Tasya.

"Terus minggu depan harus menguasai target apa. Jadi lengkap gitu ya apa aja yang dipelajari, enggak ada yang miss out," ujar Tasya.

Menurut perempuan kelahiran tahun 1992 ini, semakin banyak berlatih mengerjakan soal maka siswa akan bisa memperhatikan berapa waktu yang dibutuhkan.

Baca juga: Tasya Kamila Kini Jadi Guru Geografi, Ini Alasannya

"Banyak-banyak latihan soal, jadi tahu bisa mengukur kemampuan diri kita, bisa tahu seberapa cepat kita menyelesaikan satu pertanyaan, dan juga gimana materi apa yang belum dikuasai," ujar Tasya.

Di samping itu, ada tips yang tak kalah penting untuk kamu ikuti.

"Yang ketiga, yang penting buat aku adalah memotivasi diri dan kita percaya harus lakukan yang terbaik, kita berdoa. Karena kalau sudah berdoa dan lakukan yang terbaik hasilnya apapun pasti ikhlas," kata Tasya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X