Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahir Prematur, Anak Surya Saputra dan Cynthia Lamusu Idap ROP

Kompas.com - 21/12/2019, 22:11 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

Sumber Warta Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga tahun berjalan, penyanyi Cynthia Lamusu mengaku harus rutin melakukan pengecekan untuk kedua anaknya, yakni Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra.

"Jadi kalau bayi prematur harus lakukan screening banyak sekali, karena itu yang harus dilakukan. Itu yang saya selalu sampaikan ketika sharing ke banyak orang," kata Cynthia Lamusu yang ditemui di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Cynthia mengatakan, apa yang ia sampaikan tersebut adalah buah konsultasinya dengan banyak dokter, yang mengharuskan ia tak menunda rutin melakukan pengecekan anak-anaknya.

Baca juga: Fobia Sempit, Surya Saputra Teriak-teriak di Mobil

Tujuannya adalah bagaimana istri Surya Saputra itu tahu apakah ada yang bermasalah atau tidak organ-organ tubuh anak-anaknya.

"Bayi yang sebenarnya waktu lahir itu belum saatnya, belum matang dengan sempurna. Sehingga perlu dilakukan pengecekan agar bisa tahu ada masalah atau tidak," ujar Cynthia.

Personel grup vokal Be3 itu tak menampik bahwa putranya memiliki kekurangan dalam penglihatannya, usai melakukan pengecekan dua minggu setelah lahir.

Baca juga: Surya Saputra Pancing Emosi Ari Irham Saat Shooting After Met You

"Salah satunya adalah screening mata yang penting. Alhamdulilah screening mata Tatyana dan Bima di usia dua minggu, Tatyana tidak apa-apa tapi, Bima yang terdeteksi alami Retinopati prematuritas (ROP)," ujar Cynthia.

Menurut Cynthia, itu merupakan risiko jika bayi lahir prematur. 

Namun, lanjut dia, tidak semua bayi yang lahir prematur menderita ROP.

Baca juga: Baru Berusia 2 Tahun, Anak Surya Saputra Terpaksa Kenakan Kacamata

Retinopati prematuritas (ROP) adalah kelainan mata bayi prematur yang terjadi, akibat pembuluh darah yang baru terbentuk di lapisan retina berhenti berkembang.

"Untuk Bima ROP bukan yang biasa, tetapi ROP jenis lebih aktif," kata Cynthia.

Lebih lanjut, Cynthia Lamusu merasa beruntung bahwa penyakit yang diderita Bima bisa diketahui lebih cepat. 

Dengan demikian, ia dan Surya Saputra bisa cepat mengatasinya.

Baca juga: Kondisi Penglihatan Anak Surya Saputra Mulai Membaik Pasca-operasi Kecil

"Tapi alhamdulillah karena screening tepat waktu, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi, karena kalau tidak ditindak segera risiko kebutaan. Sekarang ya Bima pakai kacamata, tetapi kondisinya sehat," ujar Cynthia.

 

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul LAHIR Prematur, Anak Penyanyi Cynthia Lamusu dan Surya Saputra Terkena ROP.
Penulis: Arie Puji Waluyo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com