Alasan Endah N Rhesa Buat Buku Perjalanan 15 Tahun Bermusik

Kompas.com - 03/12/2019, 18:38 WIB
Endah N Rhesa ditemui dalam sebuah kegiatan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (6/2/2019). KOMPAS.com/IRA GITAEndah N Rhesa ditemui dalam sebuah kegiatan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (6/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan sepuluh tahun pernikahan dan 15 tahun berkarier, duo Endah N Rhesa menulis buku tentang perjalanan karier mereka.

Bagi Endah, buku yang akan dilucurkan pada 5 Desember mendatang itu sangat berharga untuk penggemarnya.

"Dengan buku itu, kita jadi tahu sisi lain dari musisi atau artis atau siapa pun. Kita jadi tahu enggak cuma dari lagunya aja, tetapi tahu perjalanan hidupnya, kita jadi tahu inspirasinya," kata Endah saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Baca juga: 10 Tahun Menikah, Endah N Rhesa Rayakan Lewat Sebuah Buku

Pelantun lagu "Liburan Indie" itu mengatakan, buku merupakan karya yang sangat bernilai.

Termasuk, ketika Endah N Rhesa sudah vakum.

"Itu yang akan berarti tidak sekarang, tetapi nilai-nilai itu akan berarti di sepuluh tahun mendatang atau mungkin di saat aku dan Rhesa sudah enggak ada," ujar Endah. 

Baca juga: Endah N Rhesa: Sudah Keterlauan, Bebaskan Teman Kami! #BebaskanAnandaBadudu

Hal ini yang membuat dirinya dan Rhesa ingin mewariskan sebuah karya selain di dunia musik.

"Nah itu sebenarnya yang ingin kami wariskan dalam tanda kutip, meskipun ini bukan buku yang full biografi, ini sangat kasual. Cuma dalam artian pengin membuat karya yang lain selain musik," katanya.

Endah mengungkapkan, di dalam buku tersebut, akan diceritakan konflik rumah tangga mereka berdua hingga proses pembuatan soundtrack salah satu sinetron.

Baca juga: Andien Rilis Singel Terbaru Hasil Kolaborasi dengan Endah N Rhesa

"Jadi ada konflik rumah tangga ha-ha-ha, ini terasa aktual, karena diliat dari diskografi kami memuat diskografi dari awal sampai akhir, memuat lagu lagu mana yang dipakai buat jingle dan sinetron," tutur Endah. 

Selain itu, Endah juga menuliskan jurnal kecil di belakang bukunya tentang kesan pribadi ketika tur di 15 kota beberapa bulan terakhir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X