Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabet Legend Award, Ebiet G Ade: Lega, Indonesia Mengakui Saya Pemusik

Kompas.com - 28/11/2019, 12:25 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan penghargaan khusus, Legend Award, dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2019, penyanyi legendaris Indonesia, Ebiet G Ade, merasa lega.

"Ini pengakuan saya, sekarang merasa lega bahwa Indonesia mengakui bahwa saya pemusik, saya penyanyi, saya pencipta lagu," kata Ebiet saat dijumpai di sela-sela acara AMI Awards, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019) dini hari.

Baca juga: Produser Musica Studios Berencana Bikin Album Kolaborasi Ebiet G Ade-Adera

Ebiet mengaku, hal itu dikarenakan awal kariernya bukan dari dunia tarik suara.

"Karena memang saya berangkat bukan dari wilayah musik, jadi saya mengawali dari dunia yang kaya. Tapi ini adalah pengakuan dan pengesahan bahwa saya ternyata memang diakui," ujar Ebiet.

"Karena saya kadang-kadang masih belum terlalu yakin bahwa musik yang saya buat itu bisa dikategorikan sebagai musik yang kaidahnya seseorang," katanya.

Meski begitu, pelantun sekaligus pencipta lagi "Berita kepada Kawan" itu mengatakan, piala yang ia dapatkan merupakan pengakuan dari masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ebiet G Ade Akui Sulit Berkolaborasi dengan Penyanyi Lain

"Tapi ini (piala AMI Awars 2019) adalah pengakuan dan pengesahan bahwa saya ternyata memang diakui (sebagai pemusik legendaris)," katanya sambil tersenyum.

"Bahkan dijadikan legenda, tapi legenda yang masih hidup he-he-he. Saya masih ingin berkarya sebenarnya, jadi mudah-mudahan saya masih bisa berkarya," ujarnya lagi.

Selain Ebiet G Ade, penghargaan khusus serupa juga diterima oleh Erwin Harahap, Bimbo - Iin Parlina, dan Dimas Wahab.

Baca juga: Belajar Kehidupan dari Lagu-lagu Ebiet G Ade

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com