Sabet Legend Award, Ebiet G Ade: Lega, Indonesia Mengakui Saya Pemusik

Kompas.com - 28/11/2019, 12:25 WIB
Penyanyi sekaligus pencipta lagu legendaris, Ebiet G Ade saat ditemui di sela-sela acara AMI Awards, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019) dini hari. KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIPenyanyi sekaligus pencipta lagu legendaris, Ebiet G Ade saat ditemui di sela-sela acara AMI Awards, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019) dini hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan penghargaan khusus, Legend Award, dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2019, penyanyi legendaris Indonesia, Ebiet G Ade, merasa lega.

"Ini pengakuan saya, sekarang merasa lega bahwa Indonesia mengakui bahwa saya pemusik, saya penyanyi, saya pencipta lagu," kata Ebiet saat dijumpai di sela-sela acara AMI Awards, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019) dini hari.

Baca juga: Produser Musica Studios Berencana Bikin Album Kolaborasi Ebiet G Ade-Adera

Ebiet mengaku, hal itu dikarenakan awal kariernya bukan dari dunia tarik suara.

"Karena memang saya berangkat bukan dari wilayah musik, jadi saya mengawali dari dunia yang kaya. Tapi ini adalah pengakuan dan pengesahan bahwa saya ternyata memang diakui," ujar Ebiet.

"Karena saya kadang-kadang masih belum terlalu yakin bahwa musik yang saya buat itu bisa dikategorikan sebagai musik yang kaidahnya seseorang," katanya.

Meski begitu, pelantun sekaligus pencipta lagi "Berita kepada Kawan" itu mengatakan, piala yang ia dapatkan merupakan pengakuan dari masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ebiet G Ade Akui Sulit Berkolaborasi dengan Penyanyi Lain

"Tapi ini (piala AMI Awars 2019) adalah pengakuan dan pengesahan bahwa saya ternyata memang diakui (sebagai pemusik legendaris)," katanya sambil tersenyum.

"Bahkan dijadikan legenda, tapi legenda yang masih hidup he-he-he. Saya masih ingin berkarya sebenarnya, jadi mudah-mudahan saya masih bisa berkarya," ujarnya lagi.

Selain Ebiet G Ade, penghargaan khusus serupa juga diterima oleh Erwin Harahap, Bimbo - Iin Parlina, dan Dimas Wahab.

Baca juga: Belajar Kehidupan dari Lagu-lagu Ebiet G Ade


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X