CEO Infia Angkat Bicara Terkait Dugaan Plagiat Akun Calon Sarjana

Kompas.com - 08/11/2019, 21:03 WIB
YouTube

JAKARTA, KOMPAS.com - Dugaan plagiat yang dilakukan akun YouTube Calon Sarjana yang telah memiliki 12,4 juta subscriber ikut menyeret nama Chief Executive Office (CEO) Infia Media Pratama, Richo Pramono.

Awalnya nama Richo sebagai CEO muncul saat Ernest Prakasa melalui cuitannya di akun @ernestprakasa menyebut Infia dalam dugaan plagiat yang dilakukan akun YouTube Calon Sarjana terhadap akun YouTube asing JT yang memiliki subscriber 456 ribu.

Ramainya kasus ini akhirnya membuat Richo angkat bicara. Melalui akun Twitter @jerangkah, Richo yang baru menjabat sebagai CEO Infia Media Network awal tahun 2019 menyampaikan permintaan maaf atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Baca juga: Kepergok Curi Konten YouTuber Asing, Calon Sarjana Minta Maaf

Terlebih akun Calon Sarjana berhasil mendapatkan subscriber sangat banyak dan telah dipercaya sebagai akun yang dianggap memberikan informasi bermanfaat.

"Salam kenal, saya Richo. Betul saat ini saya masih dipercaya memimpin Infia Media Network sejak awal 2019. Dalam kesempatan ini, dengan kerendahan hati saya meminta maaf jika telah menyakiti banyak pihak. Izinkan saya menjelaskan beberapa hal...," tulis Richo mengawali thread-nya seperti dikutip Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Dari unggahan Richo, diketahui bahwa akun Calon Sarjana sebenarnya adalah partner eksklusif Infia. Dalam hal ini pemasaran akun tersebut menjadi tanggung jawab Infia.

Namun, berdasarkan keterangan Richo, Infia tidak memiliki kewenangan ataupun terlibat secara operasional untuk menentukan konten yang akan ditampilkan.

"Namun, kami sama sekali tidak terlibat secara operasional, tidak pula berwenang untuk menentukan konten apa yang ditampilkan oleh @calonsarjanaaa. Hal tersebut tercantum dalam klausul kontrak kami..," lanjut Richo.

Baca juga: Ini Pengakuan Sosok yang Disebut Ada di Balik Akun Calon Sarjana

"Cuci tangan? Tidak! Pernyataan ini juga saya buat bukan sebagai bentuk 'lepas tanggung jawab'. Meskipun yang berkaitan dengan konten dan operasional @calonsarjanaaa, Infia tidak ikut serta," cuitnya lagi.

Richo juga menyampaikan rasa terimakasihnya pada Ernest yang telah mengingatkan dirinya melalui peristiwa ini.

Sebelumnya diketahui bahwa Ernest menegur Infia terkait masalah pelanggaran hak cipta yang diduga dilakukan oleh akun Calon Sarjana.

"Seriusan YouTube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan enggak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat," tulis Ernest, Kamis, 7 November 2019.

Pernyataan Richo melalui akun Twitter-nya tersebut, telah mendapat persetujuan untuk dikutip, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/11/2019).

Baca juga: Kepergok Curi Konten YouTuber Asing, Calon Sarjana Minta Maaf

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X