Ini Pengakuan Sosok yang Disebut Ada di Balik Akun Calon Sarjana

Kompas.com - 08/11/2019, 18:39 WIB
Screenshoot akun YouTube Calon Sarjana yang diduga mengambil konten milik YouTuber asing. YouTubeScreenshoot akun YouTube Calon Sarjana yang diduga mengambil konten milik YouTuber asing.

KOMPAS.com - Perusahaan kreatif Infia disebut sebagai pihak yang ada di balik akun Calon Sarjana.

CEO PT Infia Media Pratama Richo Pramono angkat suara terkait namanya yang diseret dalam kontroversi Calon Sarjana. Ia menyebut Calon Sarjana hanya partner eksklusif Infia.

"Betul bahwa Calon Sarjana merupakan partner Infia. Namun, Infia hanya sebagai sales agent layaknya agency pada umumnya," kata Richo ketika diklarifikasi, Jumat (8/11/2019).

Dalam skema organisasi yang beredar, digamabrkan Infia sebagai pusat dengan Calon Sarjana sebagai salah satu cabangnya.

Baca juga: Kepergok Curi Konten YouTuber Asing, Calon Sarjana Minta Maaf

Richo memastikan pihaknya hanya bertanggung jawab terhadap sales Calon Sarjana dan bukan sosok di balik Calon Sarjana.

"Kami sama sekali tidak terlibat secara operasional, tidak pula berwenang untuk menentukan konten apa yang ditampilkan oleh Calon Sarjana. Hal tersebut tercantum dalam klausul kontrak kami," ujar Richo.

Kendati demikian, Richo tetap meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan Calon Sarjana. Ia juga berjanji akan memperbaiki konten-konten dari Infia Media sendiri.

Diberitakan sebelumnya, YouTuber asing bernama JT mengeluhkan kontennya dicuri oleh akun Calon Sarjana.

Baca juga: Rumah Produksi Falcon Pictures Diadukan Terkait Pelanggaran Hak Cipta

JT mengatakan dan memberi bukti-bukti bahwa akun Calon Sarjana telah mencuri secara keseluruhan, baik informasi secara keseluruhan, hingga thumbnail. Sayangnya, Calon Sarjana tidak mencantumkan kredit sama sekali.

Calon Sarjana pun dikritik keras oleh para pengguna Twitter. Ernest Prakasa melalui akun Twitter-nya, @ernestprakasa juga berkicau terkait kasus itu.

"Seriusan YouTube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan enggak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat," tulis Ernest, Kamis, 7 November 2019.

Sadar akan kesalahan yang telah diperbuat, Akun Calon Sarjana menyampaikan permintaan maaf secara langsung pada JT yang kemudian di unggah JT di akun Twitter miliknya @JTonYouTube.

Baca juga: YouTube Premium Bebas dari Iklan, Bagaimana Nasib Kreator Konten?

"Kami telah menyadari apa yang kami perbuat sangat salah, dan kami benar-benar minta maaf atas pelanggaran serius dari kepemilikan kreatif," lanjut akun Calon Sarjana dalam permohonan maafnya pada JT.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X