Kepergok Curi Konten YouTuber Asing, Calon Sarjana Minta Maaf

Kompas.com - 08/11/2019, 14:57 WIB
YouTube

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar tak menyenangkan datang lagi terkait hak cipta. Kali ini justru pemilik akun asal Indonesia yang tersangkut masalah hak cipta milik YouTuber asing.

Hal ini pertama terungkap oleh pemilik konten yang isinya dicuri oleh akun Calon Sarjana. Akun dengan nama JT ini bahkan mengatakan konten miliknya yang diambil oleh Calon Sarjana sama persis hingga bagian thumbnail.

"Aku menemukan YouTubers yang mencuri kontenku," kata akun YouTube JT seperti dikutip Kompas.com, Jumat (7/11/2019).

Baca juga: Londokampung, YouTuber Australia Pakai Bahasa Jawa Suroboyoan

JT mengatakan dan memberi bukti-bukti bahwa akun Calon Sarjana telah mencuri secara keseluruhan, baik informasi secara keseluruhan, hingga thumbnail. Sayangnya, Calon Sarjana tidak mencantumkan kredit sama sekali.

"Mereka meletakkan watermark mereka di thumbnail-ku dan mengklaim sebagai milik mereka. Mereka mengaku seluruh video, mengaku menemukan semuanya, melakukan penelitian, yang sebenarnya hanya dicuri dariku," imbuh JT.

Sadar akan kesalahan yang telah diperbuat, Akun Calon Sarjana menyampaikan permintaan maaf secara langsung pada JT yang kemudian di unggah JT di akun Twitter miliknya @JTonYouTube.

Baca juga: 5 YouTuber Indonesia Berpenghasilan Tertinggi

"Kepada pemilik YouTube Channel JT, mewakili channel YouTube Calon Sarjana, kami menyampaikan permintaan maaf yang mendalam telah mencuri ide, dan menggunakan thumbnail dan potongan dari video anda tanpa persetujuan anda," tulis akun Calon Sarjana yang diunggah JT.

"Kami telah menyadari apa yang kami perbuat sangat salah, dan kami benar-benar minta maaf atas pelanggaran serius dari kepemilikan kreatif," lanjut akun Calon Sarjana dalam permohonan maafnya pada JT.

Calon Sarjana yang sudah di-bully oleh para pengguna Twitter juga meminta maaf pada seluruh subscriber mereka karena telah melakukan kesalahan dan mengecewakan banyak orang.

"Kami juga memohon maaf kepada seluruh subscribers dan seluruh pihak yang telah kami kecewakan. Kami selalu berusaha untuk belajar dari kesalahan dan permasalahan yang telah terjadi," cuit akun @CalonSarjana seperti dikutip Kompas.com, Jumat (7/11/2019).

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan YouTuber Londokampung dan Korea Reomit...

Hingga saat ini, Kompas.com berupaya menghubungi pihak Infia yang juga disebut-sebut ada dibalik akun Calon Sarjana, namun belum ada konfirmasi terkait kasus yang sedang menjadi sorotan di media sosial ini.

Ernest Prakasa melalui akun Twitter-nya, @ernestprakasa juga menuliskan cuitannya terkait kasus pencurian konten YouTube tersebut.

"Seriusan YouTube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan enggak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat," tulis Ernest, Kamis, 7 November 2019.

Baca juga: Menjadi YouTuber Anti Mainstream ala Agung Hapsah

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X