Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasang Banyak Jenis Speaker di Studio, MALIQ & D'Essentials: Alat Paling Penting

Drummer band yang memulai kariernya sejak 2002 ini, Widi mengungkapkan bahwa persentase penggunaan speaker lebih tinggi di antara alat musik lainnya.

"Itu hal paling penting di (antara) semua gear di kantor buat kita. Ada beberapa hal yang mungkin kita pakai hanya berapa menit per hari atau seminggu sekali. Hanya speaker yang pasti tiap hari berjam-jam," tutur Widi di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2023).

Kata Widi lagi, kebetulan di MALIQ & D'Essentials ada personel yang menguasai peran sebagai music engineer Ilman, dan produser Lale.

Sehingga, speaker jadi alat yang utama untuk menikmati dan mengetes hasil mixing lagu mereka.

"Kita harus pasang speaker yang relevan dengan masyarakat dengar. Berbagai macam dimensi speaker di kantor kita tuh banyak," ucap Widi.

Apalagi, untuk kebutuhan manggung secara live mereka.

"Kalau di area live, speaker keluar itu adalah mulut kita dan instrumen kita. Kalau ear monitor jadi kayak kuping kita untuk dengar satu sama lain," timpal pemain bass MALIQ & D'Essentials, Jawa.

Dengan rekam jejak di blantika musik Tanah Air selama ini, MALIQ & D'Essentials didaulat untuk berkolaborasi dengan merek speaker JBL.

Adapun setelah menghebohkan penikmat musik Tanah Air berkat aksi panggung bersama band Coldplay di konser Music of The Spheres, MALIQ & D'Essentials akan meluncurkan karya baru.

Mereka akan merilis lagu "Aduh" pada Jumat (24/11/2023).

https://www.kompas.com/hype/read/2023/11/23/195844866/pasang-banyak-jenis-speaker-di-studio-maliq-dessentials-alat-paling-penting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke