Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produser Musik Ceritakan Proses Arctic Monkeys yang Tak Diketahui Penggemar

James Ford yang pernah menangani lagu dan album Arctic Monkeys punya cerita menarik selama ia bekerja sama dengan Alex Turner dan kawan-kawan.

Salah satu hal yang diingat James Ford adalah ketika bagaimana dirinya mendorong Alex Turner selaku frontman Arctic Monkeys untuk keluar dari zona nyaman.

“Aku sudah mengenal mereka begitu lama sekarang. Saya telah bekerja dengan cukup banyak band baru … Tapi dengan Monkeys, itu hal yang sama sekali berbeda di mana ada kepercayaan yang mendalam bahwa kami tumbuh bersama, ”kata James Ford kepada The New Cue seperti dilansir NME, Selasa (28/3/2023).

James Ford yang menangani band fenomenal asal Sheffield, Inggris ini melihat banyak perkembangan dan perubahan berarti di dalam personel Arctic Monkeys, baik secara karakter maupun musik.

“Saya dan Alex Turner, selera musik kami telah tumbuh bersama, saya telah memperkenalkan dia dan dia memperkenalkan saya pada musik yang sangat berbeda… terkadang itu baik dan buruk,” kata James Ford.

“Ini hal yang lucu, tapi saya tetap mencoba dan mendorongnya sekuat yang saya bisa. Saya sadar saya tidak ingin dia menetap di zona nyaman dan itu menjadi membosankan, Anda mencoba terus menemukan cara untuk maju dan melakukan hal-hal baru,” tambah James Ford.

Berkat caranya ini, James Ford telah mendorong Alex Turner untuk berpetualang menjelajahi hal-hal baru dalam musik dan kariernya.

Perkembangan pesat, kata James Ford, ditunjukkan Arctic Monkeys saat menggarap album kedua bertajuk Favourite Worst Nightmare pada tahun 2007.

Ford juga membahas seperti apa proses penulisan oleh Alex Turner dalam materi album terbaru Arctic Monkeys bertajuk The Car yang dirilis Oktober 2022.

James Ford menjelaskan bagaimana album itu direkam di sebuah rumah pedesaan di Suffolk dan Alex Turner mengambil pendekatan yang lebih praktis terhadap lagu-lagu itu daripada sebelumnya.

"Alex sendiri sangat suka merekam banyak hal," kata Ford.

“Sepertinya saya ingat proses penulisan untuk The Car cukup lama [karena] dia pergi ke sana kemari dengan beberapa arah langsung yang berbeda. … Dia akan membawakan empat atau lima versi berbeda dari lagu yang sama dengan tempo yang berbeda dan dia memainkan beberapa di antaranya untuk saya dan saya akan berkata, 'Oh, yang itu kedengarannya bagus,” tambah Ford.

Oktober 2022, Turner menjelaskan bagaimana proses penulisan materi album The Car berbeda dari diskografi band lainnya.

Berbicara sebagai bagian dari NME's Big Read, Alex Turner berkata: “Rekor yang kami buat sekarang pasti berbeda sekarang dengan yang mungkin kami pikir akan kami buat ketika kami memulai – sebenarnya, kami tidak berpikir kami akan menjadi seimbang. membuat catatan lagi.”

“Ketika saya berpikir kembali ke masa lalu, saya merasa seperti kami hanya menjalankan insting, termasuk keputusan kreatif,” lanjut Alex Turner.

“Tapi di luar itu, saya tidak berpikir banyak hal di dalam band yang telah banyak berubah; kita mungkin tahu beberapa trik lagi, tapi kita masih menggunakan insting yang sama,” tutup Alex Turner.

Diketahui, Arctic Monkeys juga menggelar konser perdananya di Indonesia, pada 18 Maret 2023.

Konser Arctic Monkeys di Jakarta ini menjadi bagian dari rangkaian tur Asia 2023.

Arctic Monkeys merupakan grup musik rock yang juga dikenal dengan nama The Death Ramps. Dibentuk tahun 2002 di High Green, distrik Sheffield, Inggris.

Arctic Monkeys beranggotakan Alex Turner (vokal utama, gitar utama, keyboard), Jamie Cook (rhythm gitar), Nick O'Malley (bass, backing vokal), Matt Helders (drum, perkusi, backing vokal). Anggota band sebelumnya Andy Nicholson (bass) dan Glyn Jones (vokal utama).

https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/28/222520966/produser-musik-ceritakan-proses-arctic-monkeys-yang-tak-diketahui-penggemar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke