Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musisi yang Rilis Album Kembali Setelah Bertahun-tahun, Ada Rossa hingga Beyonce

Meski demikian, tak semua musisi rutin setiap tahun merilis karya walau namanya sudah eksis di dunia hiburan dan lama di industri musik.

Ada pula musisi yang setelah sekian lama baru merilis karya lagi.

Kompas.com merangkum beberapa musisi yang baru merilis album setelah sekian lama di industri musik.

1. Rossa

Penyanyi Rossa baru-baru ini merilis album barunya bertajuk Another Journey: The Beginning. Karya dirilis setelah Rossa enam tahun tidak merilis album.

Rossa mengungkap bahwa Another Journey: The Beginning ini berisi 10 lagu yang merupakan kumpulan cerita dan perasaannya pada periode 2020 hingga 2022.

Mulai dari cerita pertemanan, kehilangan teman, mendapat teman baru, kehilangan cinta, hingga mendapat cinta baru selama dua tahun belakangan ini.

"Bisanya, cerita perasaan aku itu, aku tuangkan ke dalam lagu, dan tertuangkanlah ke dalam Another Journey: The Beginning. Ini kumpulan perasaan aku, yang aku tuangkan lewat lagu selama 2 tahun ini," kata Rossa.

Rossa menggandeng beberapa teman musisinya untuk terlibat dalam album barunya ini, yakni Yovie Widianto, Enda Ungu, Melly Goeslaw, Rian D'MASIV, Glenn Fredly, Candra Darusman, Andmesh Kamaleng, Mahalini, serta Barsena.

2. Once Mekel

Tak hanya Rossa, Once Mekel juga baru-baru ini merilis album barunya bertajuk Sigma. Album barunya ini dirilis setelah delapan tahun tak merilis album.

Sigma adalah album ketiga Once Mekel sejak album bertajuk Once yang rilis tahun 2012 dan album Intrinsik pada 2015.

Once mengaku baru sekarang kembali merilis album karena selama ini ia kerap menjadi produser untuk beberapa penyanyi yang terjun ke dunia tarik suara.

"Kenapa baru sekarang, karena memang sibuk untuk ngurusin album-album orang lain," ujar Once di kawasan Kembang baru-baru ini.

Semua lagu dalam album Sigma ini diciptakannya sendiri. Makna Sigma secara pribadi buat Once adalah bisa bertahan, berdiri sendiri, punya karakter yang kuat, dan bisa menghadapi tantangan karakter-karakter yang dominan.

Album Sigma ini memuat sembilan lagu, yakni “Ditentukan untuk Bersama”, “Abadi Untukmu”, “Untuk Kita”, “Come From The Rain”, “Telah Berlalu”, “Kau & Aku”, “Sweetest Place”, “Gemuruh”, dan “Ditentukan untuk Bersama” versi Piano.

Uniknya, Once berkolaborasi dengan mantan gitaris Guns N Roses, Ron "Bumblefoot" Thal untuk lagu “Kau dan Aku” yang ada di album barunya. Kata Once, Ron lah yang mengisi gitar di lagu “Kau dan Aku.”

3. Sisitipsi

Ada juga grup band Sisitipsi yang baru saja merilis album barunya bertajuk Kenangan Bang Maing.

Ini adalah album ketiga Sisitipsi setelah terakhir merilis album pada lima tahun lalu bertajuk ML “Minta Lagi” tahun 2018.

Dalam album ketiga ini, Sisitipsi mendaur ulang karya maestro Ismail Marzuki.

Album Bang Maing berisi delapan lagu seperti “Rindu Lukisan”, “Juwita Malam”, “Aryati”, “Kopral Jono”, “Selendang Sutera”, “Sepasang Mata Bola”, “Sabda Alam”, dan “Rayuan Pulau Kelapa.”

Vokalis Sisitipsi, Fauzan Lubis atau Ojan, mengakui bahwa mendaur ulang karya Ismail Marzuki merupakan tanggung jawab yang berat dibandingkan harus merilis lagu-lagu sendiri.

Meski begitu, Fauzan Lubis mengatakan, ia dan personel Sisitipsi lainnya sangat terhormat karena dipercaya menggarap album tribute Ismail Marzuki ini.

"Kita kesampingkan dulu materi kita, karena kita merasa sangat terhormat (saat dipercaya untuk menggarap album ini)," kata Ojan.

Dengan rilisnya album ketiga ini, Sisitipsi berharap bisa memperkenalkan kembali karya-karya dari mendiang Ismail Marzuki yang akrab disapa Bang Maing.

4. Vidi Aldiano

Selain Sisitipsi, ada penyanyi Vidi Aldiano yang baru merilis album barunya bertajuk Senandika pada Jumat (22/7/2022).

Senandika adalah album kelima Vidi Aldiano setelah terakhir merilis album bertajuk Persona pada enam tahun lalu tahun 2016.

Vidi Aldiano akhirnya lega karena akhirnya bisa merilis album baru lagi setelah enam tahun.

“Harusnya aku rilis albumnya tahun 2020, tapi karena pandemi Covid-19 jadi tertunda. Setelah enam tahun ini akhirnya rilis album berjudul Senandika,” kata Vidi.

Album Senandika ini menceritakan tentang kehidupan pribadi Vidi Aldiano.

Tak hanya kisah hidupnya di masa lalu dengan mantan, soal penyakit kanker, kisahnya bersama istrinya, Sheila Dara, sempat putus, balikan, bahkan jadi istri hingga soal harapan akan masa depan Vidi Aldiano semua terangkum dalam album Senandika ini.

Album Senandika berisi 10 lagu yang terdiri dari tujuh lagu yang sudah dirilis sebelumnya (repackage), dua lagu yang lebih dulu dirilis tahun 2022 ini, yakni “Dara” pada Februari lalu dan “Salam Kenal” pada awal Juli ini.

Selain itu, ada satu lagu baru Vidi Aldiano berjudul “Firasat” yang mewakili firasat sekaligus harapannya menyambut masa depan.

5. Beyonce

Selain Vidi Aldiano, penyanyi Beyonce juga merilis album ketujuhnya bertajuk Renaissance setelah enam tahun tak merilis album pada Agustus 2022 lalu.

Album Renaissance ini berisi 16 lagu di dalamnya. Dari 16 lagu ini, Beyonce ingin mengajak pendengar untuk merayakan kebebasan dan menari mengikuti irama musik yang didominasi oleh disko dan house.

Beyoncé sudah membocorkan tentang Renaissance sejak 15 Juni 2022 melalui unggahan Instagram-nya yang berjudul “act i - RENAISSANCE”.

Album Renaissance ini memberikan tempat untuknya bermimpi dan menemukan pelarian selama dua tahun pandemi Covid-19. Dia kemudian mengungkap tujuan merilis album tersebut.

“Niat saya adalah untuk menciptakan tempat yang aman, tempat tanpa penghakiman. Tempat untuk bebas dari perfeksionisme dan overthinking. Tempat untuk berteriak, melepaskan, merasakan kebebasan. Itu adalah perjalanan eksplorasi yang indah,” kata Beyoncé.

Walau didominasi oleh berbagai varian dance music seperti disko, electronic house, jersey club, lagu dalam album Renaissance juga menghadirkan jenis musik lainnya, mulai dari hip-hop, rap, R&B, soul, gospel, hingga Afrobeat.

16 lagu dari Renaissance terdiri dari, “I'm That Girl”, “Cozy”, “Alien Superstar”, “Cuff It”, “Energy (Feat. Beam)”, “Break My Soul”, “Church Girl”, dan “Plastic Off The Sofa”.

Ada juga “Virgo's Groove”, “Move (Feat. Grace Jones, Tems)”, “Heated”, “Thique”, “All Up In Your Mind”, “America Has A Problem”, “Pure/Honey”, hingga “Summer Renaissance”.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/02/23/100030866/musisi-yang-rilis-album-kembali-setelah-bertahun-tahun-ada-rossa-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke