Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diangkat dari Kejadian Nyata, Ini 5 Film Tentang Kecelakaan Pesawat

Terlebih ketika film itu ternyata bukan fiksi saja, tetapi ada sebagian atau seluruhnya ternyata benar-benar terjadi di dunia nyata.

Empati hingga ketegangan yang diusung dalam cerita itu menjadi daya tarik sendiri penikmat film. Dan berikut beberapa film tentang kecelakaan pesawat yang diangkat dari kisah nyata.

Sully

Sully, juga dikenal sebagai Sully: Miracle on the Hudson adalah sebuah drama biografi berdasarkan kisah Chesley 'Sully' Sullenberger (Tom Hanks) yang melakukan pendaratan darurat US Airways Penerbangan 1549 di Sungai Hudson pada tahun 2009.

Dalam pendaratan darurat itu semua penumpang berjumlah 155 orang dan awak berhasil selamat dengan hanya luka ringan.

Selain membangun cerita yang mengerikan dari kecelakaan itu (dan akhirnya menyelamatkan) di mana kedua mesin pesawat mati, alur cerita simultan lainnya terungkap dalam film di mana pilot yang terkenal itu diadili secara tidak adil.

Di mana pada akhirnya pihak National Transportation Safety Board (NTSB) mengonfirmasi bahwa apa yang dilakukan Sully ketika mesin pesawatnya rusak karena burung dan mendarat di sungai adalah keputusan yang terbaik.

United 93

Mungkin jadi salah satu film yang paling menyedihkan, United 93 adalah film drama dokumenter yang menceritakan kisah penumpang dan awak yang mencegah teroris melaksanakan rencana mereka untuk pesawat yang dibajak pada serangan teroris 11 September 2001.

Bagaimana penumpang United 93, satu dari empat pesawat yang ditujukan menyerang US Capitol Building melawan teroris yang membajak pesawat mereka, mencegah mereka menjalankan misi mereka dengan menyerbu kokpit.

Film ini dibuat seakurat mungkin dari cerita keluarga orang-orang yang ada di dalam pesawat tersebut.

Pesawat itu akhirnya menabrak sebuah ladang di dekat tambang reklamasi di Pittsburgh, bukan target yang dimaksudkan, yaitu US Capitol Building.

Berbeda dengan film lainnya, film ini menggunakan pemeran yang umumnya tidak terkenal.

The Captain

Peristiwa yang diangkat dalam film ini berasal dari kisah nyata kecelakaan pesawat Sichuan Airlines tahun 2018.

Kapten Liu Chuangjian (diperankan Zhang Hanyu) membawa sekitar 119 penumpang dan 9 kru pesawat menuju Lhasa.

Awalnya pesawat terbang normal sebelum akhirnya mengalami turbulensi hebat yang membuat kaca bagian depan pesawat pecah dan salah satu kopilot hampir terlempar keluar badan pesawat.

Beruntung Kapten Liu sigap mengaitkan sabuk pengaman dan kopilot berhasil selamat.

Tapi lubang dari kaca itu membuat pesawat kehilangan keseimbangan dan berada dalam posisi menukik tajam.

Dia akhirnya berhasil mendapatkan kembali kendali atas pesawat, terbang solo hanya dengan kontrol manual, sebelum membawanya dan 119 penumpangnya pulang dengan selamat.

The Aviator

Berdasarkan kehidupan Howard Hughes (diperankan Leonardo DiCaprio), seorang perintis penerbangan, film tersebut menggambarkan hidupnya dari tahun 1927–1947 selama waktu itu Hughes menjadi produser film yang sukses dan tokoh penerbangan.

Howard Hughes terkenal di industri penerbangan untuk membangun Hughes H-1 Racer dan H-4 Hercules (juga dikenal sebagai Spruces Goose) serta mengembangkan Trans World Airlines yang kemudian menjadi American Airlines.

Hughes memotong waktu Lindbergh dari New York ke Paris menjadi dua saat membuat rekor keliling dunia pada tahun 1938.

Film ini berhasil dengan sangat baik dan dinominasikan untuk 11 Academy Awards termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik (DiCaprio) dan memenangkan 5 termasuk Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik (Blanchett).

Flight

Meskipun bukan didasarkan pada peristiwa nyata, tapi film ini terinspirasi dari kejadian kecelakaan pesawat Alaska Arilines Flight 261.

Dibintangi Denzel Washington sebagai Whip Whitaker, seorang pilot maskapai berpengalaman yang secara ajaib mendaratkan pesawatnya yang tidak berfungsi setelah bencana di udara, menyelamatkan hampir setiap jiwa di dalamnya.

Setelah kecelakaan itu, Whip dipuji sebagai pahlawan, tetapi karena lebih banyak yang dipelajari tentang dia dan sejarahnya dengan alkohol, muncul pertanyaan apakah dia benar-benar mabuk dan mabuk selama penerbangan.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/05/15/113921766/diangkat-dari-kejadian-nyata-ini-5-film-tentang-kecelakaan-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke