Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Yoshi soal Awal Project Pop Terbentuk, Jatuh hingga Bersinar Lagi

Grup musik yang awalnya terdiri dari 30 orang ini juga mengalami pasang surut karier, dari kejatuhannya hingga menemukan sebuah titik terang untuk meroket kembali.

Cerita tersebut diungkap oleh Yoshi, salah satu personel Project Pop saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Daniel Mananta.

Berikut fakta yang telah dirangkum Kompas.com.

Awal 30 orang

Di masa awal pembentukan, grup musik ini terdiri dari 30 personel. Bahkan, Yoshi sempat kaget saat diajak menjadi bagian dari mereka.

"Pertama kali diajak senior di Project Pop, ya waktu itu banyak, anggotanya 30 lebih. Kemungkinan saya dipilih karena suka rap," ujar Yoshi.

Yoshi menilai, para senior di Project Pop waktu itu melihatnya sebagai seseorang yang punya talenta dalam musik, terutama rap.

Kejatuhan

Setelah terbentuk, Project Pop sempat membuat album pertama bertajuk Lumpia vs Bapia (1996) yang ternyata kurang laku di pasaran.

Hal tersebut membuat Project Pop hampir bubar dan didepak dari label yang membesarkan namanya.

"Kami walau penjualannya bagus, ya waktu itu cuma untung sedikit. Kami dinilai bukan produk sukses waktu itu di label," kata Yoshi.

Dari peristiwa itu, Yoshi dan personel lain mulai pesimis soal perjalanan Project Pop ke depannya.

Bahkan, pemain film Medley ini menyarankan teman-temannya untuk kembali ke pekerjaan dengan keahlian masing-masing.

Bersinar kembali

Para personel Project Pop pun berpisah selama empat tahun dan menjalani karier masing-masing dari tahun 1996 hingga 2000.

"Puji Tuhannya, kenapa kami tetap kuat, karena masing-masing personelnya (waktu vakum) ya tetap do entertainment dengan media berbeda," ujar Yoshi.

Waktu itu, Yoshi bersama Tika dan Udjo mencoba menjadi presenter di radio Hardrock FM Jakarta.

Hal tersebut membuat Yoshi dan personel lain tidak kehilangan kreativitas dan semangat dalam berkarya. Hingga mereka dipertemukan lagi pada tahun 2000.

Setelah kembali berkumpul, mereka membuat album berjudul Tuwagapat (2000) yang membuat mereka kembali dikenal.

Sejauh ini, Project Pop telah melahirkan sembilan album musik.

Project Pop hanya memiliki lima anggota saat ini karena ditinggalkan oleh Hilman sejak tahun 2000 dan Oon yang meninggal dunia pada 13 Januari 2017.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/05/073714266/cerita-yoshi-soal-awal-project-pop-terbentuk-jatuh-hingga-bersinar-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke