Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angga Sasongko Pertanyakan Skema Kartu Prakerja untuk Insan Kreatif dan Seniman

Melalui akun Instagram-nya, Angga menilai langkah pemerintah membantu pekerja kreatif dan seniman dengan kartu prakerja harus dipertanyakan.

"Pertama, apakah ini stimulus yang tepat sasaran untuk para pekerja kreatif dan seniman yang kehilangan pekerjaan di saat pandemic?" tulis Angga saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Menurut Angga, jika tujuannya membantu para pekerja kreatif dan seni yang terdampak virus corona, maka hal yang dibutuhkan bukan pelatihan seperti dalam kartu prakerja.

Para pekerja kreatif dan seniman sudah memiliki keahlian masing-masing.


Oleh karena itu, Angga menilai memasukkan bantuan untuk para pekerja kreatif dan seniman ke kartu prakerja adalah langkah tidak tepat.

Perlu diingat kembali, kartu prakerja adalah bantuan dari pemerintah bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan.

"Lalu kedua, kemarin (kata) menteri Airlangga budgetnya naik dari Rp 10 T di APBN 2020 menjadi Rp 20 T, berarti ada Rp 10 T tambahan biaya atau dana. Dananya dari mana?" lanjut sutradara NKCTHI tersebut.

Angga Dwimas Sasongko menyayangkan jika dana tambahan tersebut berasal dari stimulus ekonomi senilai Rp 405 triliun.

Ayah satu anak ini para pekerja kreatif dan seniman tidak sepenuhnya merasakan manfaat dari kartu itu.

"Kalau duit Rp 10 T yang dari stimulus untuk pekerja kreatif dan seniman itu ditaruh di prakerja, benefitnya lebih gede buat mitranya prakerja, dong? Bukan buat individunya, dong?" tulis Angga.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/14/182304066/angga-sasongko-pertanyakan-skema-kartu-prakerja-untuk-insan-kreatif-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke