Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rian D'MASIV Ungkap Sulitnya Menyanyikan Lagu Bahasa Korea Milik Suho EXO

Tentunya sebagai vokalis, Rian mempelajari lirik lagu berbahasa Korea tersebut. Rian bercerita bahwa ia banyak berguru kepada rekannya.

"Kebetulan saya ada kantor juga. Staf saya, salah satunya dia pecinta Kpop. Terus ada beberapa teman yang fasih juga yang paham bagaimana melafalkan bahasa Korea, jadi sempat tanya-tanya juga," saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (3/4/2020).

Rian juga sempat kesulitan dengan cara pengucapan yang memerlukan teknik tersendiri.

"Ada teknik lidah yang kayak harus di atas gitu. Ada teman saya bilang, 'ini pas pengucapan ini lidahnya ke atas ya'. Nah, saya bingung tuh," kata Rian.

"Terus ada pembacaan 'eu' itu yang masih saya agak bingung. Saya harus tanya-tanya karena takutnya nanti ketika saya nyanyi malah artinya berubah kan," sambung Rian.

Selain cara pengucapannya, pemenggalan kata yang banyak juga menjadi tantangan bagi bapak dua orang anak itu.

"Pemenggalan kata, itu beda banget kalau sama lagu Indonesia sama lagu bahasa Inggris. Kalau Korea tuh kayak agak rapat-rapat gitu, kayak banyak (pemenggalan) gitu," ungkapnya.

Rian mengaku sangat serius dan sering mendengarkan ulang lagu dari album Self-Portait itu.

"Jujur nih saya dengar ini lagu berkali-kali banget ulang-ulang sampai verse-nya saja saya bisa ulang berkali-kali. Reff-nya saya ulang lagi, saya rewind lagi. Cukup kerja keras sih sebenarnya, ini kayaknya saya salah bikin challenge," ujar Rian seraya tertawa.

Aksi unik Rian ini berawal dari dirinya mengungkapkan kekaguman di Twitter akan lagu yang rilis tanggal 30 Maret lalu itu.

Rian sempat berjanji bila dalam tiga hari followers-nya menjadi 100.000 ia akan membawakan ulang lagu tersebut.

Tak disangka, dalam waktu sekitar 24 jam followers-nya sudah melebihi target.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/03/191634266/rian-dmasiv-ungkap-sulitnya-menyanyikan-lagu-bahasa-korea-milik-suho-exo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke