Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap! Konser Pemain Cello Dunia Yo-Yo Ma Akan Digelar di Jakarta

Founding Partner of Shoemaker Studios, Prajna Murdaya mengatakan, konser pertama Yo- Yo Ma di Indonesia ini akan menjadi konser yang spektakuler.

"Akan ada satu konser yang benar-benar bersejarah. Ini konser klasik yang paling signifikan di dalam 50 tahun terakhir," kata Parjna dalam jumpa pers di JIT, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Yo- Yo Ma nantinya akan bermain solo dan membawakan lagu-lagu karya Johann Sebastian Bach, komposer musik klasik legendaris asal Jerman.

"Jadi Bach itu salah satu composer yang mewah di sejarah. Lagu-lagu Bach itu ada kekuatan untuk merangkul semua manusia," tutur Prajna.

"Yo- Yo Ma main lagu-lagu itu, yang dinyanyikan sekitar 2 jam. Ini pertama kali Yo- Yo Ma akan main solo di Asia Tenggara," lanjutnya.

Dalam sebuah video, Yo- Yo Ma menyebut musik-musik Bach memiliki keunikan seperti alunan musik gamelan dari Indonesia.

"Semoga penampilan saya dengan komposisi Bach akan menghibur. Saya melihat Bach dan musik tradisional kalian, gamelan sama-sama punya keunikan. Semoga musik saya bisa memberi sesuatu seperti yang gamelan beri kepada dunia," kata Yo- Yo Ma dalam video itu.

Indonesia merupakan negara ke-25 dari seluruh rangkaian Yo-Yo Ma’s Bach Project yang melakukan tur selama 2 tahun.

Selain konser, akan ada pula kegiatan khusus bertajuk Day of Action yang akan diisi dengan dialog, kolaborasi dan pertunjukan seni antara Yo-Yo Ma dengan pelaku seni, budayawan, dan komunitas setempat.

Kegiatan itu akan berlangsung pada 7 Desember 2019.

"Kita mengajak pengrajin dari desa dan Jakarta untuk pameran tekstil. Contohnya mungkin bisa bikin batik bersama," ucap Prajna.

Yo-Yo Ma disebut sebagai salah satu pemain cello terbaik dunia saat ini. Kemampuannya memainkan cello sejak kecil membuatnya digelari anak ajaib.

Tampil di panggung musik sejak berusia 4,5 tahun, Yo-Yo Ma kini telah bermain di berbagai penjuru dunia.

Sepanjang kariernya bermusik, pria 64 tahun itu telah mengeluarkan lebih dari 90 album dan mendapat penghargaan, termasuk Grammy Awards.

Yo-Yo Ma merupakan salah satu musisi yang diundang tampil pada pelantikan Barack Obama sebagai Presiden AS untuk masa jabatan pertama pada 2009.

https://www.kompas.com/hype/read/2019/11/02/105823366/siap-siap-konser-pemain-cello-dunia-yo-yo-ma-akan-digelar-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke