Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kucing Tertua di Dunia, Ada yang Berumur 38 Tahun

Kompas.com - 03/04/2023, 10:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang sejarah modern, ada banyak kucing yang memiliki umur panjang. Kucing-kucing ini telah menjadi anggota keluarga yang disayangi keluarga manusianya selama bertahun-tahun.

Namun, sepertinya tidak ada satu kesamaan di antara kucing-kucing berumur panjang ini. Kucing ini berasal dari berbagai latar belakang, ras, dan belahan dunia. 

Baca juga: Penyebab Telinga Kucing Berair dan Cara Mengatasinya

Satu-satunya kesamaan kucing ini adalah orang atau keluarga yang mencintainya dan telah memberikan perawatan terbaik. 

Nah, dilansir dari AZ Animals, Senin (3/4/2023), berikut daftar kucing tertua di dunia yang  pernah ada. 

Creme puff-38 tahun 3 hari

Ilustrasi kucing Caracal muda.Shutterstock/Sergey Smolentsev Ilustrasi kucing Caracal muda.
Creme puff adalah ras kucing tertua di dunia yang pernah ada dengan usia 38 tahun tiga hari. Cream puff lahir pada 3 Agustus 1967 dan meninggal pada 6 Agustus 2005.

Kucing ini adalah peliharaan dari seorang kakek bernama Rex Allen. Creme puff memulai harinya setiap pagi dengan mengonsumsi daging asap, telur, asparagus, brokoli, dan kopi dengan krim kental. 

Kemudian, setiap dua hari sekali, kucing ini mendapat setetes anggur merah untuk dinikmati. Pemiliknya sangat berkomitmen pada hewan peliharaannya, bahkan membuat tangga kayu di dinding rumahnya agar kucing-kucingnya dapat beristirahat. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Kucing Caracal, Pemburu Andal dan Terancam Punah

Baby-38 tahun

Selanjutnya, kucing tertua di dunia adalah seekor kucing domestik berwarna hitam bernama Baby. Kucing ini tinggal bersama Al Palusky dan ibunya, Mabel, di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat. 

Kucing ini tidak pernah meninggalkan rumah tempat dia dilahirkan hingga berusia 28 tahun. Ketika Al menikah, istri barunya bersikeras agar perabotan yang bercakar kucing diganti dan Baby harus "dimusnahkan".

Itu adalah pertama kalinya kucing itu menemui dokter hewan. Kuicng ini tidak menyukai anak-anak sehingga akan bersembunyi di balik perabotan saat ada anak-anak.

Al mengaitkan umur panjang kucing peliharaan miliknya dengan olahraga yang dia lakukan setiap kali menggunakan kotak kotorannya atau ingin makan.

Mangkuk makanan dan kotak kotorannya disimpan di ruang bawah tanah, yang mengharuskan kucing tertua di dunia itu untuk naik dan turun 14 anak tangga setiap kali ingin menggunakannya.  

Baca juga: 11 Fakta Menarik Kucing Calico, Bisa Bawa Keberuntungan

Ma-34 tahun 5 bulan

Ilustrasi kucing Norwegian forest.Shutterstock/Elisa Putti Ilustrasi kucing Norwegian forest.
Kucing tabby betina bernama Ma ini mungkin adalah hewan paling beruntung yang pernah hidup. Ma tinggal bersama Alice St George Moore dari Drewsteignton, Inggris.

Ma terjebak dalam perangkap gin ketika dia masih kecil dan nyaris mati dari kecelakaan itu.

Namun, kucing ini diselamatkan musisi klasik dan suaminya, yang juga seorang musisi. Kecelakaan itu menyebabkan masalah khusus bagi kucing tersebut sehingga kucing ini hidup dengan daging dari tukang daging setempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com