Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Membersihkan Akuarium Pakai Cuka dan Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 17/12/2022, 14:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyenangkan rasanya melihat ikan sehat dan berenang ke sana ke mari di dalam akuarium. Tentunya ini harus didukung oleh kondisi akuarium yang bersih.

Untuk membersihkan akuarium, Anda bisa menggunakan cuka. Dikutip dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (17/12/2022), cuka adalah pembersih yang murah dan sangat efisien untuk menghilangkan ganggang keras dan noda air dari kaca, dekorasi, dan tanaman di akuarium.

Mengetahui cara membuat larutan cuka yang benar dan cara menyiapkan akuarium untuk ikan setelah pembersihan menyeluruh sangatlah penting.

Baca juga: 4 Jenis Ikan yang Bisa Dipelihara Banyak dan Akur di Akuarium

Ilustrasi akuarium.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi akuarium.

Apakah aman menggunakan cuka untuk membersihkan akuarium dengan ikan di dalamnya?

Secara umum, sedikit cuka aman untuk ikan dan penghuni akuarium lainnya. Namun, selalu disarankan untuk memindahkan ikan sebelum membersihkan akuarium dengan cuka.

Menjaga kehidupan ikan dan penghuni akuarium lainnya adalah prioritas utama kami setiap saat. Cuka murni dalam jumlah berlebihan bisa berbahaya bagi ikan dan tidak menyenangkan bagi Anda karena baunya yang menyengat.

Untuk mendisinfeksi akuarium kosong, campur cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Rasio cuka terhadap air dapat ditingkatkan menjadi 2 : 1 jika rasio 1 : 1 tidak mencukupi.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Air Akuarium dan Bagaimana Caranya?

Setelah Anda selesai menggosok akuarium, rendam semuanya dengan baik untuk menghilangkan sisa cuka. Jangan pernah menggunakan sabun atau deterjen lain karena tidak mungkin membuang semua residu di dalam akuarium.

Jangan pernah menggunakan kembali spons pembersih atau ember yang menampung air kotor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com