Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Area Ketiak Pakaian Putih

Kompas.com - 21/09/2022, 12:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring waktu, T-shirt atau kaus putih akan menguning di area-area tertrntu, khususnya di bawah lengan atau ketiak karena sering menggunakan deodoran.

Noda kuning di area ketiak pakaian putih yang sudah bertahan lama ini akan menempel dan sering kali sangat sulit dibersihkan. 

Tetapi sebelum Anda mengubah T-shirt putih menjadi kain lap, dilansir Southern Living, Rabu (21/9/2022), ada cara menghilangkan noda kuning di area ketiak pakaian putih

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Celana Jeans

Ilustrasi noda kuning pada area ketiak pakaian putih. SHUTTERSTOCK/TODJA Ilustrasi noda kuning pada area ketiak pakaian putih.

Untuk memulainya, Anda perlu mencampur cangkir hidrogen peroksida dengan cangkir soda kue, dan cangkir air keran.

Selanjutnya, rebus air kurang lebih dua gelas. Atur baju Anda di bathtub atau ember sehingga bagian ketiak berada di atas.

Dengan cara ini Anda tidak perlu memindahkan baju sambil mengatasi noda. Kemudian, tuangkan air mendidih dengan hati-hati di atas noda untuk mencairkan sisa kotoran yang mungkin menempel di baju Anda.

Biarkan sebagian air panas mengalir dari pakaian ke dalam bathtub. Anda dapat menggunakan sarung tangan atau penjepit tahan panas untuk melakukannya, jika diperlukan.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Saus Tomat pada Pakaian dan Karpet

Selanjutnya, oleskan larutan soda kue peroksida pada noda dan biarkan selama 5 menit.

Terakhir, cuci baju dengan mesin dengan air hangat dan gunakan pemutih dalam jumlah yang sesuai untuk kandungan serat kemeja. Pastikan untuk mengeringkannya dengan udara untuk hasil terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com