Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghilangkan Bau Apek pada Pakaian Sehabis Dicuci

Kompas.com - 01/11/2021, 12:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian yang selesai dicuci bisa mengalami bau apek. Hal ini bisa disebabkan jamur yang ada di dalam pakaian tersebut. 

Penyebab bau apek pada pakaian karena terlalu lama meninggalkan pakaian di mesin cuci. Akibatnya, jamur berkembang biak dan membuat bau pada pakaian.

Untuk mengatasi bau apek, mencuci pakaian dengan siklus pencucian sederhana sulit dihilangkan. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya? 

Melansir dari Apartment Therapy, Senin (1/11/2021), berikut tips menghilangkan bau apek pada pakaian sehabis dicuci. 

Baca juga: 3 Trik Membuat Mencuci Pakaian Lebih Baik dan Terhindar Kesalahan 

Cuci pakaian dengan cuka

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.
Atur suhu air ke pengaturan terpanas pada mesin cuci, lalu masukkan pakain, dan tuangkan satu cangkir cuka putih (tanpa detergen). Air pada mesin cuci belum tentu cukup panas untuk membersihkan cucian. 

Namun, panas yang dikombinasikan dengan asam asetat dalam cuka dapat membantu memecah kotoran atau bakteri yang mulai tumbuh, yang akan membantu menghilangkan bau apek pada pakaian. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Bau Apek dari Pakaian 

Cuci kembali dengan baking soda

Setelah selesai mencuci pakaian dengan cuka, letakkan cucian di dalam mesin cuci dan taburkan satu cangkir baking soda untuk mencuci kembali pakaian pada pengaturan terpanas.

Baking soda adalah basa yang akan membantu menetralkan bau yang tersisa sehingga membuat cucian atau pakaian tidak berbau sama sekali.  

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Hilangkan Kelembapan dan Bau pada Lemari Pakaian

Keringkan pakaian di udara atau sinar matahari 

Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.
Setelah selesai mencuci, keluarkan cucian dan jemur di luar ruangan di bawah sinar matahari. Jika ini tidak memungkinkan, masukkan cucian ke dalam pengering dengan pengaturan yang sesuai untuk jenis kainnya.

Pengeringan di luar lebih disukai karena sinar ultraviolet dari matahari sebenarnya memiliki sifat disinfektan yang dapat membantu membunuh bakteri yang tersisa pada cucian serta sinar matahari bertindak sebagai zat pemutih alami.

Jika setelah cucian benar-benar kering, tapi masih mencium bau jamur, ulangi langkah-langkah di atas sekali lagi. Namun, kali ini tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam siklus bilas, lalu keringkan.  

Baca juga: 5 Produk Mencuci Pakaian yang Wajib Dimiliki di Rumah 

Bisakah mencegah bau jamur pada pakaian?

Jika pakaian rentan terhadap bau jamur, lakukan tindakan pencegahan menggunakan cuka beraroma alih-alih pelembut kain dan berhati-hatilah untuk tidak menambahkan terlalu banyak detergen ke pakaian karena dapat menyebabkan penumpukan.

Cara-cara di atas juga bisa diterapkan pada handuk. Cuci handuk mandi dengan cuka dan baking soda sebulan sekali selama bulan-bulan musim panas yang lembap untuk mencegah bau pada handuk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com