Kompas.com - 26/10/2021, 22:00 WIB
Ilustrasi kucing menggigit tangan pemiliknya. SHUTTERSTOCK/BOGDAN SONJACHNYJIlustrasi kucing menggigit tangan pemiliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com— Menggigit dan mencakar adalah bagian dari cara kucing bermain. Karena kebiasaan ini, pemilik kucing seringkali digigit oleh peliharaan mereka dan mulai kesakitan karena cara perilaku ini.

Pertanyaan kemudian muncul, mengapa kucing menggigit kita?

Dilansir dari My Animals, Selasa (26/10/2021), menggigit, untuk kucing, memiliki beberapa kegunaan: berburu, mengangkut benda, membela diri, makan, dan bermain dll.

Namun, ketika gigitan diulang dan fokus pada manusia yang tinggal bersama mereka, mereka perlu dianalisis untuk memperbaiki perilaku ini. Jadi, mengapa kucing menggigit tangan yang memberinya makan? Ada beberapa alasan:

Baca juga: Mengapa Kucing Menyentuh Wajah Pemiliknya dengan Cakar?

1. Bermain

Kucing bermain berburu, dan menggerakkan tangan atau kaki sering kali merupakan cara yang baik untuk berlatih bersama mangsa fiktif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kucing sedang kesakitan

Peningkatan agresivitas dan gigitan yang tidak biasa dapat menjadi indikasi bahwa kucingmu sedang kesakitan. Periksakan kesehatan kucing ke dokter hewan agar mereka bisa sehat kembali.

3. Ketakutan atau stres

Seekor kucing yang terus-menerus ketakutan, cemas, atau stres akan menjadi kucing yang menggaruk dan menggigit saat melihat gerakan yang menurut mereka baru dan cenderung kasar.

4. Pengalaman traumatis

Kucing yang telah dilecehkan atau diambil dari jalan, misalnya, cenderung mengembangkan agresi. Sosialisasi kucing yang buruk juga menyebabkan jenis perilaku ini.

Dari semua penyebab di atas, tidak satu pun mencerminkan kepribadian kucing. Meskipun benar bahwa beberapa kucing lebih mandiri daripada yang lain, memberikan waktu agar mereka bisa sendiri akan menghindari kucing berperilaku menggigit atau agresif.

Halaman:


Sumber My Animals
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.