Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2021, 07:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pure Wow

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ras anjing memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda. Ada ras anjing yang patuh dan penyayang, namun ada juga yang keras kepala.

Anjing yang keras kepala bisa menjadi sedikit tantangan bagi Anda. Keras kepala biasanya berarti sulit untuk dilatih.

Ras anjing yang secara genetik cenderung mandiri, keras kepala, dan sangat aktif mungkin menunjukkan sifat keras kepala. Beberapa ras anjing dibiakkan untuk menjadi pemburu, jadi dorongan mangsa yang tinggi dan insting pelacak aroma menghalangi mereka untuk mengikuti perintah.

Baca juga: 7 Ras Anjing Tidak Berbulu yang Bisa Jadi Pilihan Hewan Peliharaan

Jika Anda mencari anjing yang mudah dilatih dan ingin belajar dengan cepat, hindari ras dalam daftar ini. Namun, bukan berarti ras anjing ini tidak bisa dilatih, justru sebaliknya.

Faktanya, banyak pelatih anjing akan memberi tahu Anda bahwa tidak ada anjing yang keras kepala, namun hanya ada taktik pelatihan yang tidak efektif.

Dilansir dari Pure Wow, Kamis (22/7/2021), berikut ini beberapa ras anjing yang keras kepala, namun sebetulnya penyayang dan bisa menjadi sahabat yang baik.

Mengidentifikasi anjing yang keras kepala

Anjing yang keras kepala tidak reaktif atau ribut. Mereka secara aktif memilih untuk tidak mengikuti perintah.

Baca juga: Waspada, Ini 5 Tanda Anjing Tidak Bahagia

Mampu mengidentifikasi penyebab penolakan anjing Anda terhadap pelatihan adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuannya untuk belajar.

Memberitahu anjing Anda untuk duduk sepuluh kali berturut-turut tanpa hasil bisa berarti dia tidak mau duduk. Itu juga bisa berarti dia terganggu oleh lingkungan atau dia tidak merasa cukup dihargai karena mengikuti perintah.

Mencoba berbagai teknik pelatihan atau meningkatkan nilai hadiah yang Anda gunakan selama pelatihan dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Yang cukup menarik, kemampuan melatih dan agresi adalah dua sifat yang paling dapat diwariskan di antara anjing, menurut sebuah studi tahun 2019 tentang genom anjing. Ini berarti kemampuan ras anjing untuk belajar, mempertahankan, dan melakukan perintah bersifat genetik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com