Kompas.com - 09/04/2021, 17:42 WIB
Ilustrasi air purifier. SHUTTERSTOCK/PARINYA SMITHIJAROENPONIlustrasi air purifier.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sebelumnya Anda tidak terlalu memikirkan kualitas udara di dalam rumah, namun faktanya kualitas udara memiliki dampak yang jauh lebih besar pada kesehatan Anda.

Dilansir dari Real Simple, Jumat (9/4/2021,!menurut Steven Haywood, MD, seorang mantan terapis pernapasan yang menjadi dokter pengobatan darurat bersertifikat dengan Summa Health di Akron, Ohio, kualitas udara yang manusia hirup yang 90 persen dari waktu atau lebih sangat penting untuk kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Dampak kecil dari kualitas udara dalam ruangan yang tidak sehat termasuk sakit kepala; iritasi pada telinga, hidung, dan tenggorokan, pusing dan efek lebih serius dapat mencakup kanker dan penyakit pernapasan.

Baca juga: 10 Cara Melembabkan Udara di Dalam Rumah Tanpa Humidifier

Menggunakan alat pembersih udara yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas udara di rumah Anda.

Namun, Anda harus mengingat pendekatan tiga cabang: Saring udara, masukkan udara segar, dan kelola kelembaban. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

1. Hilangkan Polutan Udara

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah pertama adalah membuang apa pun dari rumah Anda yang menyebabkan kualitas udara dalam ruangan Anda menurun.

Misalnya, jika Anda memiliki persediaan pembersih, cat, atau bahan kimia lainnya di dalam rumah, cukup pindahkan ke garasi dan keluar dari ruang tamu utama Anda.

Baca juga: 5 Tips Lindungi Rumah dari Polusi Udara dalam Ruangan

2. Berikan Udara Segar

Meningkatkan kualitas udara di rumah bisa sesederhana dan secepat mungkin salah satunya dengan membuka jendela untuk pertukaran udara.

Namun, hal tersebut tidak selalu praktis karena tergantung pada cuaca, kelembapan, polusi, tingkat serbuk sari, dan faktor lokal lain di luar.

3. Exhaust Fan di Kamar Mandi

Untuk mengalirkan udara di dalam kamar mandi yang lembab, Anda bisa menggunakan kipas exhaus. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruang.

Exhaust akan terus-menerus menarik udara keluar dari rumah, sehingga menarik udara segar untuk menggantikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.