Kompas.com - 15/01/2021, 21:22 WIB
Ilustrasi mesin cuci. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi mesin cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah saat mencuci pakaian, Anda melihat ada genangan di sekitar mesin cuci? Genangan tersebut sudah dipastikan kondisi mesin cuci bocor.

Ada beberapa penyebab mesin cuci bocor, beberapa mudah diperbaiki dan penyebab lainnya dapat mengindikasikan masalah yang lebih besar. Namun, apapun penyebabnya dan jenis mesin cuci Anda, kebocoran itu harus segera ditangani.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (15/1/2021), berikut sejumlah penyebab mesin cuci bocor dan cara menanganinya.

Baca juga: Mesin Cuci Bukaan Atas Vs Bukaan Depan, Mana yang Lebih Bagus?

1. Kebocoran pada mesin cuci bukaan atas

Kebocoran pada bagian depan mesin cuci

Kebocoran di bagian depan mesin cuci bukaan atas biasanya disebabkan oleh tabung yang tersumbat atau miring. Penyumbatan dapat terjadi karena busa berlebih yang disebabkan penggunaan deterjen yang terlalu banyak atau pencampuran cucian secara tidak tepat.

Untuk menguji apakah Anda menggunakan terlalu banyak deterjen, ambil pakaian yang baru dicuci, seperti handuk tangan kecil, dan letakkan di dalam mangkuk berisi air panas sebelum dikeringkan. Jika air menjadi berbusa, berarti Anda menggunakan terlalu banyak deterjen.

Selain itu, mesin cuci bisa bocor jika kelebihan muatan atau tidak seimbang. Periksa untuk memastikan mesin cuci rata, kurangi ukuran muatan, dan waspadai kebocoran.

Jika Anda memiliki mesin cuci yang dilengkapi fungsi bilas semprot, mengganggu siklus dengan memajukan pengatur waktu secara manual dapat menyebabkan mesin cuci bocor. Memajukan siklus pencucian seringkali dapat menyebabkan siklus bilas semprot menjadi terlalu lama dan meluap.

Baca juga: Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini 5 Penyebabnya

Kebocoran di belakang mesin cuci

Jika mesin cuci muatan atas Anda baru, Anda mungkin lupa melepas sumbat pembuangan dari pabriknya sebelum memasang selang pembuangan. Lepaskan selang dan Anda akan menemukan sumbat plastik yang harus dilepas dan dibuang.

Siapkan ember dan handuk atau keset untuk menampung kelebihan air.

Kebocoran di bagian belakang mesin cuci juga dapat disebabkan oleh selang pembuangan yang tidak terpasang dengan benar di pipa pembuangan. Pastikan selang masuk sepenuhnya ke pipa pembuangan.

Jika masih ada kebocoran di sekitar selang pembuangan, terutama selama siklus putaran mesin cuci, pipa pembuangan mungkin tersumbat. Penyumbatan tidak memungkinkan air untuk terus turun ke pipa dan menyebabkannya kembali ke atas dan meluap ke lantai.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X