Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2020, 17:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya merupakan pelengkap dekorasi, namun juga memiliki manfaat yang penting.

Dalam sebuah studi yang dilakukan NASA pada tahun 1989, tanaman hias mampu menurunkan polutan udara di dalam ruangan, seperti benzena dan formaldehida. Riset yang lebih anyar pun menemukan, tanaman hias bisa menurunkan stres dan membuat Anda lebih kreatif.

Dilansir dari Country Living, Jumat (11/12/2020), berikut beberapa tanaman hias yang mambu membersihkan udara di kamar tidur.

Baca juga: 5 Tanaman yang Mampu Bersihkan Udara di Rumah

1. Lavender

Lavender biasanya jarang terpikir untuk ditempatkan sebagai tanaman hias di dalam ruangan, namun lavender dapat hidup di dalam ruangan dengan kondisi yang benar.

Berikan cahaya matahari langsung yang terang selama beberapa jam setiap hari kepada tanaman lavender di rumah. Pun ada baiknya meletakkan tanaman lavender di dekat jendela yang menghadap ke arah selatan.

Perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menyiram tanaman lavender Anda. Sebab, penyiraman berlebihan akan membuat lavender membusuk.

2. Lady palm atau palem regu atau palem waregu

Tanaman palem ini memiliki daun berbentuk seperti kipas, sehingga cocok dijadikan dekorasi di dalam ruangan. Palem regu cukup mudah dirawat dibandingkan jenis pohon palem lainya.

Baca juga: 6 Bahan Alami untuk Menyegarkan Udara di Ruangan

Palem regu lebih menyukai cahaya terang tidak langsung dan hanya membutuhkan air ketika bagian permukaan tanah mengering.

3. Rubber plant atau tanaman karet

Dengan daun mengkilap besar dan bentuk gemuk yang menyenangkan, tanaman bernama latin Ficus elastica ini menambah daya tarik vertikal yang di dalam kamar. Rubber plant menyukai cahaya sedang hingga terang dan ringan, serta kelembaban konstan.

Jika Anda merasa perlu memangkasnya, pastikan untuk mengenakan sarung tangan agar getah lengketnya tidak menempel di jari Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com