Kompas.com - 11/12/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi kamar tidur. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKERIlustrasi kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya merupakan pelengkap dekorasi, namun juga memiliki manfaat yang penting.

Dalam sebuah studi yang dilakukan NASA pada tahun 1989, tanaman hias mampu menurunkan polutan udara di dalam ruangan, seperti benzena dan formaldehida. Riset yang lebih anyar pun menemukan, tanaman hias bisa menurunkan stres dan membuat Anda lebih kreatif.

Dilansir dari Country Living, Jumat (11/12/2020), berikut beberapa tanaman hias yang mambu membersihkan udara di kamar tidur.

Baca juga: 5 Tanaman yang Mampu Bersihkan Udara di Rumah

1. Lavender

Lavender biasanya jarang terpikir untuk ditempatkan sebagai tanaman hias di dalam ruangan, namun lavender dapat hidup di dalam ruangan dengan kondisi yang benar.

Berikan cahaya matahari langsung yang terang selama beberapa jam setiap hari kepada tanaman lavender di rumah. Pun ada baiknya meletakkan tanaman lavender di dekat jendela yang menghadap ke arah selatan.

Perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menyiram tanaman lavender Anda. Sebab, penyiraman berlebihan akan membuat lavender membusuk.

2. Lady palm atau palem regu atau palem waregu

Tanaman palem ini memiliki daun berbentuk seperti kipas, sehingga cocok dijadikan dekorasi di dalam ruangan. Palem regu cukup mudah dirawat dibandingkan jenis pohon palem lainya.

Baca juga: 6 Bahan Alami untuk Menyegarkan Udara di Ruangan

Palem regu lebih menyukai cahaya terang tidak langsung dan hanya membutuhkan air ketika bagian permukaan tanah mengering.

3. Rubber plant atau tanaman karet

Dengan daun mengkilap besar dan bentuk gemuk yang menyenangkan, tanaman bernama latin Ficus elastica ini menambah daya tarik vertikal yang di dalam kamar. Rubber plant menyukai cahaya sedang hingga terang dan ringan, serta kelembaban konstan.

Jika Anda merasa perlu memangkasnya, pastikan untuk mengenakan sarung tangan agar getah lengketnya tidak menempel di jari Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X