Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membersihkan Kerak Nasi dari Panci dengan Bahan Alami

Kerak nasi ini adalah akumulasi sisa nasi yang mengeras setelah proses memasak. Penyebab utama karak nasi adalah pati yang terdapat dalam nasi cenderung menempel dan membentuk lapisan yang sulit dihilangkan. 

Selain merusak tampilan panci, kerak nasi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat berkembang menjadi masalah lebih serius, bahkan mempengaruhi cita rasa masakan yang dimasak selanjutnya.

Salah satu cara yang sering dilakukan dalam membersihkan kerak nasi adalah menggunakan bahan atau metode yang terlalu abrasif.

Padahal, metode pembersihan yang terlalu kasar dapat menghilangkan lapisan antilengket panci, terutama panci rice cooker, meninggalkan goresan, dan membuat panci lebih rentan terhadap penumpukan kerak nasi pada masa mendatang.

Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara ylebih efektif membersihkan kerak nasi dari panci tanpa menggoresnya.

Dikutip dari Southern Living, Selasa, (30/4/2024), Berikut sejumlah cara membersihkan kerak nasi pada panci dengan bahan alami. 

Caranya, campurkan air dan cuka dengan perbandingan sama. Pastikan larutan cukup agar menutup semua kerak nasi.

Setelah itu, panaskan panci di atas kompor dengan api sedang dan biarkan campuran mendidih. Rebus hingga kerak nasi pada dasar panci mulai melonggar atau terkelupas akibat proses pemanasan dengan campuran air dan cuka.

Selanjutny, gosok permukaan panci dengan bantalan wol baja, lalu gunakan sabun cuci piring biasa dan spons untuk menghilangkan sisa-sisa residu pada dasar panci. 

Lemon

Selanjutnya, cara membersihkan kerak nasi pada panci dengan bahan alami adalah menggunakan lemon. 

Caranya, potong beberapa lemon, rebus potongan lemon dengan air untuk menghasilkan larutan asam yang efektif.

Gunakan sabun dan sikat cuci piring untuk membersihkan kerak nasi pada panci, lalu bilas hingga bersih. 

Caranya, campurkan baking soda dengan larutan cuka dan air karena keasaman campuran ini membantu melarutkan zat-zat yang sulit dibersihkan, seperti kerak nasi.

Kemudian rebus campuran hingga air berubah hitam dan buang air, lalu bersihkan kerak nasi dari panci dengan spons lembut.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/30/085006476/3-cara-membersihkan-kerak-nasi-dari-panci-dengan-bahan-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke