Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Darah dari Pakaian dan Kain

Dibanding noda lainnya, noda darah yang menempel pada pakaian dan kain bisa lebih rumit dibersihkan. 

Membersihkan noda darah dari pakaian tidak dapat dilakukan dengan teknik mencuci biasa. Anda perlu melakukan beberapa bahan tambahan dan teknik tertentu agar noda darah bisa hilang sempurna dari pakaian.

Namun, sebelum memulai mencampurkan bahan-bahan kimia untuk membersihkan noda darah, pastikan bahan pakaian aman dicuci dengan cara manual.

Selain itu, pastikan menggunakan suhu air yang tepat untuk membersihkan noda darah dari pakaian.

Karena, pada dasarnya darah mengandung protein sehingga air bersuhu rendah baik digunakan untuk membersihkan noda darah.

Dilansir dari Real Simple, Kamis (18/4/2024), berikut cara membersihkan noda darah darah pakaian dan kain. 

  • Lakukan pengecekan

Uji hidrogen peroksida terlebih dahulu di tempat yang tidak mencolok untuk memastikannya aman dan tidak mengubah warna kain.

Untuk noda darah baru, pastikan memakai sarung tangan saat membersihkannya.

  • Oleskan hidrogen peroksida di titik noda

Jika kain lolos uji noda, taburkan hidrogen peroksida pada noda darah hingga tertutup, lalu diamkan selama beberapa menit.

Setelah beberapa menit, seka hidrogen peroksida ke seluruh bagian noda dengan kain bersih dari bagian luar noda ke dalam. 

  • Gunakan metode yang berbeda

Jika noda darah masih ada, cobalah oleskan beberapa tetes cairan pencuci piring, lalu gosok perlahan menggunakan kain bersih.

Percik dengan amonia (uji dulu bagian kecilnya), lalu taburi dengan baking soda dan diamkan beberapa menit.

  • Sikat noda dengan sikat gigi

Dengan menggunakan sikat gigi, gosok perlahan noda darah dengan gerakan memutar hingga hilang, kemudian bilas dengan air dingin.

  • Cuci pakaian

Ulangi langkah di atas hingga noda darah hilangdari pakaian. Setelah noda hilang, cuci pakain dengan air dingin seperti biasa. 

  • Cuci pakaian

Selanjutnya, cuci pakaian dengan air hangat dan detergen lembut yang aman untuk kain.

  • Amati noda

Jika noda darah belum hilang, ulangi perendaman sebelumnya dan tambahkan satu sendok makan amonia. Setelah direndam terlebih dahulu, cuci pakaian dan periksa kembali nodanya.

Jangan masukkan kain ke mesin pengering sampai noda darah benar-benar hilang. Jika tidak, panas pengering akan menyebabkan sisa noda darah menempel. 

Tip tambahan membersihkan noda darah 

1. Jika tidak bisa mencuci pakaian segera, oleskan hidrogen peroksida dulu, lalu nanti membersihkan pakaian atau kain dengan benar.

2. Noda darah terbilang cukup membandel. Jika noda darah tidak hilang setelah dicuci dengan tangan, periksa label perawatan untuk melihat apakah pakaian dapat dimasukkan ke mesin cuci dalam keadaan dingin.

3. Jika tidak ingin mengambil risiko menghilangkan noda darah atau terus-menerus berusaha membersihkannya, cobalah bawa pakaian ke layanan pembersihan profesional.

Pastikanmemberi tahu mereka metode yang Anda gunakan untuk mencoba membersihkan noda darah dari pakaian.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/18/221005476/cara-membersihkan-noda-darah-dari-pakaian-dan-kain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke