Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Bunga yang Dapat Ditanam dan Tumbuh Subur di Air, Bikin Cantik Kolam

Bunga-bunga ini bahkan tumbuh subur di air, seperti kolam ikan, kolam air, dan sungai. Kehadiran bunga air ini dapat mengubah taman air dan kolam menjadi ruang yang cantik dan berbunga. 

Selain mempercantik area, bunga air juga menambahkan dedaunan yang sehat ke dalam air dan memberi lingkungan atau makanan untuk hewan air, seperti ikan, kepiting, dan itik. 

Apabila ingin mempercantik kolam di rumah, berikut bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di air disadur dari The Spruce, Rabu (8/11/2023). 

Varietas yang kuat dapat bertahan pada suhu beku, sementara varietas tropis harus disimpan sebagai tanaman semusim atau di zona yang suhunya tidak membeku.

Bunga water lily dapat menghasilkan bunga berwarna putih, ungu, pink, biru, kuning, oranye, merah, dan persik, tergantung pada varietasnya.

Tanaman bunga air ini juga menghasilkan dedaunan lily yang ikonik. Tidak hanya mempercantik area, bunga water lily dapat membersihkan air serta menyediakan tempat berlindung bagi hewan air dan ikan. 

Teratai (Nelumbo nucifera)

Selanjutnya, bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di air adalah teratai. Bunga air ini populer di berbagau negara, termasuk Indonesia. 

Bunga teratai kerap disalahartikan sebagai bunga lili air karena dedaunannya yang seperti bantalan bunga lili dan struktur bunganya yang mirip.

Bunga teratai berwarna merah muda atau putih dan menjulang tinggi di atas air, tidak seperti bunga water lily yang sering mengapung di permukaan.

Bunga teratai dapat mencapai lebar hingga 30 sentimeter dan dedaunan melingkarnya dapat mencapai lebar 60 sentimeter. 

Bunga teratai dapat tumbuh di air dangkal dan air sedalam 2,4 meter. Bunga teratai dapat menyebar cepat, jadi Anda perlu menyimpannya dalam wadah besar daripada menanamnya langsung ke kolam. Rimpang yang menyebar dapat dengan cepat mengambil alih kolam. 

Dedaunan bunga air ini berdiameter lima hingga 10 sentimeter, sementara bunganya yang mungil berukuran hingga lima sentimeter.

Tanaman bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di air ini dapat mengapung di permukaan air atau sedikit naik ke atas.

Meski bunga-bunga mungil ini hanya bertahan satu hari, bunga poppy air terus bermekaran sepanjang musim panas.

Ukurannya yang kecil membuatnya cocok untuk kolam kecil atau tepi kolam. Bunga poppy air lebih menyukai air dangkal dengan kedalaman sekitar 15 sentimeter.   

Iris air (Iris laevigata)

Tanaman bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di air lainnya adalah iris air. Bunga iris air mungkin bukan bunga pertama yang Anda pikirkan saat berbicara tentang bunga air. 

Namun, bunga iris air adalah tambahan bagus untuk kolam apa pun. Bunga air ini memiliki bunga kelopak tiga yang ikonik bersama dengan dedaunan yang panjang seperti rumput. Bunga iris air paling baik tumbuh di air dangkal hingga kedalaman 20 sentimeter.  

Eceng gondok memiliki dedaunan yang tebal dan bulat dengan tangkai panjang serta bulat. Karena mengambang bebas, eceng gondok tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup dan dapat digunakan untuk taman air dalam ruangan.

Penting dicatat, bunga air ini adalah penumbuh dan penyebar yang sangat cepat. Eceng gondok dapat dengan cepat menutupi seluruh permukaan kolam, yang dapat menghalangi sinar matahari dan membunuh tanaman air lainnya.

Karena itu, penting menjaga eceng gondok tetap terkendali. Menanam tanaman bunga air dalam keranjang apung adalah salah satu strategi untuk mengendalikannya. 

Tanaman bunga air ini sering ditemukan secara alami di tempat ikan pickerel hidup, yang membuat tanaman ini dinamai demikian.

Pickerelweed lebih menyukai perairan dangkal dan tenang serta sering ditemukan tumbuh di tepi kolam dangkal. Tanaman ini berfungsi sebagai sumber makanan bagi burung dan dapat menarik penyerbuk. 

Calla lily (Zantedeschia aethiopica)

Karena menyukai tanah basah, bunga lili calla menjadi tanaman bunga air yang bagus untuk kolam . Bunga calla lily dapat ditanam di tepi kolam di perairan dangkal.

Dedaunan bergelombang dan bunga spathe dan spadix mereka menambah gerakan dan minat pada taman air apa pun. 

Nah, itu dia sejumlah bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di air. Anda tertarik menanam bunga yang mana untuk kolam air di rumah?  

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/08/085300176/7-bunga-yang-dapat-ditanam-dan-tumbuh-subur-di-air-bikin-cantik-kolam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke