Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daun Pohon Lemon Menguning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tanda awal masalah pada pohon lemon adalah daun yang menguning. Ini adalah kondisi yang dikenal sebagai klorosis, gejala penyakit tanaman yang mengubah jaringan hijau menjadi pucat, kuning, atau memutih. 

Menetapkan rutinitas perawatan yang memadai untuk pohon lemon adalah pertahanan terbaik melawan daun yang menguning. 

Namun, Anda perlu mengetahui sejumlah penyebab daun pohon lemon menguning dan cara mengatasinya seperti dikutip dari The Spruce, Minggu (22/10/2023), berikut ini. 

Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah ini dengan cepat akan membantu menghindari pembusukan akar dan kematian tanaman.

Pohon lemon dapat menjadi terlalu jenuh karena terlalu sering disiram, media tanam yang salah, tanah liat yang berat, dan drainase yang tidak memadai. 

Penyiraman berlebihan juga dapat mengencerkan serta menghilangkan nutrisi. Buatlah jadwal penyiraman yang baik dan siram secara mendalam, tetapi jarang.

Biarkan lima sampai 7,5 sentimeter tanah bagian atas tanah mengering di antara penyiraman. Gunakan campuran pot jeruk dan pot dengan banyak lubang drainase.

Media pot yang basah dapat dibuang dan pohon direpotkan dengan bahan yang segar dan kering. Untuk pohon di dalam tanah, hindari tempat rendah yang membuat air menggenang dan perbaiki tanah liat dengan kompos yang sudah tua sebelum ditanam.

Pengairan yang kurang

Selanjutnya, penyebab daun pohon lemon menguning adalah kurangnya penyiraman. Dedaunan yang kurang lembap akan menguning, kemudian menjadi coklat dan kering.

Pohon lemon dapat kehilangan daun jika tidak terhidrasi baik, tetapi menyiram secara berlebihan bukan solusinya dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

Berikan tanaman penyiraman yang dalam dan menyeluruh, biarkan kelebihan air mengalir. Tanah yang kering dapat mengering dengan sangat cepat, jadi tunggu beberapa menit dan ulangi.

Periksa kelembapan setiap hari dan terus siram dan tiriskan hingga tanah menahan kelembapan. Uji dengan pengukur kelembapan atau masukkan jari Anda ke dalam tanah sedalam lima sampai delapan sentimeter.

Setelah tanaman terhidrasi kembali dan tanah tetap lembap selama beberapa hari hingga seminggu, lanjutkan penyiraman lebih sering sesuai kebutuhan.  

Berikut kekurangan nutrisi yang menjadi penyebab daun pohon lemon menguning.  

  • Kekurangan nitrogen

Ketika daun lemon yang lebih tua menjadi klorotik dan kehilangan warna menyebar ke dedaunan baru, pohon kekurangan nitrogen yang cukup.

Nitrogen, fosfor, dan kalium adalah tiga nutrisi utama yang dibutuhkan pohon lemon untuk menghasilkan daun, bunga, juga buah.

Lakukan pemupukan tiga kali setiap tahun dengan pupuk jeruk atau pupuk yang mengandung dua kali lipat jumlah nitrogen dibanding fosfor dan kalium-rasio NPK 2-1-1.1

Sebagai alternatif, berikan pupuk kompos yang kaya nitrogen pada pohon lemon dengan coran cacing atau pupuk kandang yang sudah tua. 

  • Kekurangan zat besi

Penyebab daun pohon lemon menguning adalah kekurangan zat besi. Masalahnya menyebar ke daun yang lebih tua dapat mengubahnya menjadi hampir putih ketika parah.

Kekurangan zat besi juga dapat disebabkan oleh nitrogen yang tidak mencukupi, jadi berikan pupuk jeruk atau nitrogen yang mengandung zat besi.

Cahaya yang tidak mencukupi

Ketika daun pohon lemon menguning dan rontok sebelum waktunya, tanaman mungkin tidak mendapatkan cahaya yang cukup.

Pohon lemon membutuhkan hampir delapan jam sinar matahari langsung setiap hari. Jika pohon lemon yang belum matang tidak mendapatkan cukup sinar matahari, pohon tersebut dapat dipindahkan ke area lebih cerah.

Jika tidak dapat memindahkan pohon, letakkan pohon lemon dalam pot di dalam ruangan langsung di jendela yang menghadap ke selatan atau barat daya untuk mendapatkan cahaya terbaik.

Pertahankan lapisan mulsa setebal lima sampai delapan sentimeter di sekitar pangkal pohon, pastikan mulsa tidak menyentuh batang. Mulsa meningkatkan retensi kelembapan dan mencegah gulma bersaing. 

Hama

Terakhit, penyebab daun pohon lemon menguning adalah hama. Kutu daun, tungau laba-laba, dan sisik adalah hama serangga penghisap getah yang memakan daun yang menguning karena kehilangan kelembapan.

Hal ini jarang menyebabkan kematian tanaman, tetapi serangan hama ini bisa membuat kerusakan signifikan.

Periksa batang dan bagian bawah daun untuk mencari hama. Kutu daun dan tungau laba-laba sering kali dapat dibasmi dengan semprotan air yang kuat.

Gunakan minyak nimba atau minyak hortikultura untuk mengatasi kerak dan larutan sabun lembut untuk mengatasi kutu daun dan tungau laba-laba.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/22/091744476/daun-pohon-lemon-menguning-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke